Agar Belajar Jadi Efektif Dan Menyenangkan | Zona Baper ID

Agar Belajar Jadi Efektif Dan Menyenangkan

2 min


10042
14.2k shares, 10042 points

Halo sobat mimin, semoga sehat selalu ya. Kali ini, mimin akan bagi-bagi tips sederhana yang bisa diterapkan agar suasana belajar menjadi lebih efektif dan menyenangkan.

Tips ini, sangat cocok untuk anda-anda yang sering sekali kesulitan untuk fokus menangkap materi pelajaran. Ya, tips ini diharapkan mampu merubah sistem belajar yang kaku, menjadi lebih fleksibel.

Tentu saja, tips ini juga cocok untuk yang berprofesi sebagai guru yang hendak memberikan materi pelajaran kepada siswa binaannya.

Tanpa basa basi yang panjang, berikut ini adalah tipsnya

Agar belajar jadi efektif dan menyenangkan

1. Berdoa

Sebagai makhluk yang memiliki kepercayaan terhadap Tuhan, tidak ada salahnya memulai sesuatu pekerjaan dengan mengagungkan diri-Nya terlebih dahulu.

Sebagaimana yang diketahui, dengan doa, pikiran kita akan lebih tenang dan relax. Kita akan dijauhkan dari pikiran-pikiran yang ber-aura negatif. Dengan doa pula, ilmu yang kita dapat lebih menjadi berkah dan bermanfaat

Didalam Islam sendiri, berdoa sebelum belajar dapat dilakukan dengan lafazh “Bismillah”

“Ilmu ibarat pohon, amal itu buahnya. Ilmu itu dicari untuk diamalkan”(Ta’zhimul ‘Ilmi, hal 27)

2. Belajar dimanapun yang anda suka

Kita harus pandai-pandai mencari tempat belajar yang sesuai dengan kondisi kita. Pilih tempat belajar yang memenuhi beberapa kriteria, seperti nyaman dan kondusif

Jauh dari gangguan anak-anak, atau gangguan makhluk kecil lainnya. Pastikan, anda nyaman terhadap pilihan tempat belajar anda.

3. Pahami, bukan hanya sekedar hafal

Apakah anda sudah menonton film terkenal Bollywood yang berjudul “3 Idiot” ?. Disana, akan anda temukan berbagai filosofi kehidupan yang mampu menginspirasi anda dalam proses belajar.

Di film itu, diceritakan bahwa teknik belajar yang digunakan Chatur Ramalinggam, yaitu menghafal, kalah telak dari teknik belajarnya Rancho, yakni memahami.

Ya, karena terlalu berfokus untuk menghafal, Chatur sempat membuat malu rektor ICE didepan umum. Hahaha, daripada makin penasaran, mending tontonin filmnya ngih.

4. Bertanya jika tidak tau

Bertanya, tidak akan membuat diri anda sebagai orang yang bodoh. Justru itu menandakan sifat rendah diri anda, dan menghargai jawaban orang lain.

Dengan bertanya, solusi permasalahan yang kita hadapi akan lebih terkuak. Bertanya juga merupakan salah satu jalan untuk mendapatkan ilmu.

Namun, perlu dicatat. Bertanya sebaiknya dilakukan apabila anda sudah mengalami kebuntuan dalam belajar. Jadi tidak di tiap waktu, anda selalu bertanya.

5. Menyukai mata pelajaran

Rasa suka terhadap mata pelajaran, akan memacu otak anda untuk berpikir terus dan menerus. Seperti kita suka dengan orang, maka kita akan cari berbagai cara untuk mendapatkannya.

Apabila kita memiliki motivasi yang sama dalam belajar, bukan tidak mungkin, anda akan jadi ahlinya dalam belajar.

Rasa suka akan mendorong kita untuk lebih dan lebih.

6. Gunakan fasilitas yang mendukung

Didalam belajar, ada banyak faktor yang harus diperhatikan, agar belajar menjadi nyaman. Yang pertama yang harus di perhatikan adalah tempat belajar. Anda bisa membaca penjelasannnya di nomor 2

Kedua, yang harus diperhatikan adalah fasilitas pendukung. Ya, layaknya meja belajar, lampu belajar, buku tulis, pena, pensil, tipe x, penghapus, penggaris, dan lain sebagainya.

7. Tidak mudah menyerah

Dalam proses belajar, sering kali kita mengalami kebuntuan dalam menjawab soal. Namun, jangan sampai hal tersebut membuat anda langsung menyerah.

Justru, jadikan itu sebagai pelecut untuk terus berusaha. Kegagalan adalah bagian dari pembelajaran. Bukan belajar namanya, jika belum pernah merasakan kegagalan

Dengan kegagalan, anda akan menemukan jalan-jalan atau cara-cara yang bisa digunakan sebagai penelitian, bahwa itu adalah salah.

Artinya, anda akan temukan 1000 macam cara yang tidak bisa digunakan untuk menjawab soal. Seperti kata Thomas Alfa Edison, “Aku tidak gagal, Aku hanya menemukan 10.000 cara yang tidak berhasil”

8. Mencoba latihan soal

Mengerjakan latihan soal atau uji coba memecahkan masalah sesuai dengan materi yang sedang dipelajari akan membantu kita untuk mengukur kemampuan diri sendiri

Dengan latihan soal, kita akan tau bagian mana yang kita benar-benar kuasai, dan bagian mana yang kita tidak kuasai. Dengan demikian, akan bisa bertanya kepada orang yang lebih tau, terkait soal yang tidak anda kuasai.

Ya, itulah beberapa tips ringan yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan progress belajar anda. So, silahkan dicoba dan semoga bermanfaat ;D


Like it? Share with your friends!

10042
14.2k shares, 10042 points

What's Your Reaction?

hate hate
168150
hate
confused confused
33630
confused
fail fail
269040
fail
fun fun
235410
fun
geeky geeky
201780
geeky
love love
100890
love
lol lol
134520
lol
omg omg
33630
omg
win win
269040
win

Comments

comments