Amalan Perpisahan Dengan Bulan Ramadhan | Zona Baper ID

Amalan Perpisahan Dengan Bulan Ramadhan

3 min


10039
13.9k shares, 10039 points

Halo sobat mimin, semoga sehat selalu ya. Tak terasa, Ramadhan tahun ini akan segera berpisah dengan kita, kaum muslimin. Akan banyak kenanagan yang akan tercipta dari ramadhan tahun ini. Semoga amal ibadah kita sampai sejauh ini, di terima oleh Allah Ta’ala.

Dan tak terasa kita akan merasakan 10 hari terakhir di bulan ramadhan. Hari-hari dimana kita di perintahkan untuk semangat beribadah dan hari dimana ada keistimewaan berupa malam yang lebih baik dari seribu bulan. Ya, malam Lailatul Qadr.

“Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu ? malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan ijin Tuhannya untuk mengatur segala urusan, Malam itu penuh kesejateraan sampai terbit fajar” (Q.S Al-Qadr : 1-5)

Amalan pada saat Lailatul Qadar akan berasa dilipatkan gandakan oleh Allah Ta’ala. Jika kita membaca 1 halaman Al-qur’an saat itu, maka seakan-akan kita membaca 1 halaman Al-qur’an setiap hari lebih dari 1000 bulan.

Jika kita bersedekah Rp. 100.000 saat itu, maka seakan-akan kita bersedekah Rp. 100.000 setiap hari selama lebih dari 1000 bulan. Hal yang sama juga berlaku untuk amalan-amalan lainnya

Kapan terjadinya Lailatul Qadr ?

Dalam hal ini, mayoritas ulama berpendapat bahwa Lailatul Qadr terjadi pada sepuluh hari terakhir di bulan ramadhan. Hal ini didasarkan pada hadist Abu Sa’id Al-Khudri, bahwa Rasulullah bersabda “Maka hendaklah kalian mencarinya di sepuluh hari terakhir” (H.R. Bukhari)

Mayoritas ulama yang lain juga berpendapat bahwa Lailatul Qadr terjadi pada malam-malam ganjil pada sepuluh hari terakhir. Berdasarkan sabda Nabi yang artinya “Carilah lailatul qadr di malam-malam ganjil sepuluh hari terakhir”(H.R.Bukhari)

Ada juga yang berpendapat bahwa Lailatul Qadr terjadi pada malam-malam genap. Sebagaimana sabda Nabi yang artinya “Lailatul Qadr ada pada sembilan hari yang tersisa, bisa jadi ada pada tujuh hari yang tersisa, bisa jadi pula pada lima hari yang tersisa, bisa juga pada tiga hari yang tersisa”(H.R.Bukhari)

Pada akhirnya, kita akan mengetahui, bahwa malam tersebut telah Allah rahasiakan. Diantara hikmah yang bisa kita petik dari peng-rahasian Allah tersebut, adalah kita yang wajib bersemangat ibadah di hari-hari terakhir. Hendaknya kita memperbanyak amalan.

Di antara amalan tersebut adalah

1. Menyempurnakan amalan-amalan wajib

Dalam ibadah, kita harus mengetahui urusan prioritas. Prioritas yang mesti didahulukan pertama kali adalah amalan terhadap hal-hal yang wajib. Jangan sampai kita asik mengerjakan sunnah hingga melupakan yang wajib

Ibnu Hajr mengatakan “Barang siapa yang tersibukkan dengan yang wajib daripada yang sunnah, dia orang yang patut diberi uzur, sedangkan siapa yang tersibukkan dengan yang sunnah sehingga melalaikan yang wajib, maka dialah orang yang benar-benar tertipu” (Fathul Bari,11/343)

2. Melaksanakan shalat malam

Diantara amalan paling utama yang bisa kita lakukan adalah melaksanakan shalat tarawih berjamaah bersama imam hingga selesai shalat.

Terdapat hadist Nabi yang artinya “Barang siapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadr karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan di ampuni” (H.R.Bukhari)

3. I’tikaf di masjid

Salah satu kegiatan ritual yang sering masyarakat muslim lakukan di malam-malam terakhir ramadhan adalah i’tikaf di masjid. I’tikaf adalah suatu usaha untuk selalu menetap di masjid dan menyibukkan diri dengan ibadah kepada Allah Ta’ala.

Contohnya seperti mendirikan shalat, memperbanyak membaca Al-qur’an, dzikir, doa. dan istigfar. Meninggalkan segala sesuatu yang kurang bermanfaat. Tidak keluar dari masjid kecuali ada keperluan tertentu, seperti buang hajat atau semisal dengan itu.

Hal ini telah Rasulullah ajarkan dalam sunnahnya, dari hadist Aisyah ia berkata “Nabi shallallahu alaihi wa sallam selalu melakukan i’tikaf pada sepuluh hari terakhir bulan ramadhan sampai Allah mewafatkan beliau”(H.R.Bukhari Muslim)

4. Banyak berdoa

Tahukah kamu ? bahwa doa termasuk ibadah kepada Allah. Sebuah kegiatan yang ditujukan untuk memenuhi hajat kita dan ajaibnya itu termasuk ibadah, karena termasuk salah satu cara meng-agung-kan Allah.

Ada sebuah doa yang Rasulullah ajarkan kepada kita umatnya, sebagaimana dalam hadist dari Aisyah, “Wahai Rasulullah, apa pendapatmu jika aku mengetahui suatu malam adalah Lailatul Qadr. Apa yang mesti aku ucapkan saat itu ? Maka beliaupun menjawab, “Katakanlah, “Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul afwa fa’fu anni”(Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha pemaaf, yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku)(H.R.Tirmidzi)

5. Beribadah secara umum

Pada 10 hari terakhir disunnahkan pula unuk memperbanyak ibadah secara umum, baik itu shalat. dzikir, berdoa, membaca Al-qur’an, bersedekah dan yang lainnya

Di sunnahkan juga untuk mengajak keluarga menghidupkan malam dengan ibadah. Sebagaimana hadist dari Aisyah, yang artinya

Apabila memasuki sepuluh hari terakhir (bulan ramadhan), Nabi Shallallahu alaihi wa sallam mengencangkan sarungnya (untuk menjauhi jima’ dengan istri beliau), menghidupkan malam-malam tersebut, dan membangunkan keluarganya” (H.R.Bukhari Muslim)

Sudah selayaknya kita sebagai umat nabi untuk mengikuti dan mencontoh kegiatannya pada 10 hari terakhir di bulan ramadhan. Guna mendapatkan kedamaian hati dalam dunia yang fana ini.

Memperoleh berkah dan pahala yang diberikan oleh sang Khaliq dengan penghambaan melalui berbagai macam ibadah yang dilakukan dengan khusyuk.

Daripada menyibukkan diri untuk urusan dunia, di akhir akhir ramadhan, marilah menyibukkan diri dengan kegiatan untuk keperluan akhirat kita kelak. Semoga bermanfaat ;D

 


Like it? Share with your friends!

10039
13.9k shares, 10039 points

What's Your Reaction?

hate hate
67260
hate
confused confused
269040
confused
fail fail
168150
fail
fun fun
134520
fun
geeky geeky
100890
geeky
love love
336300
love
lol lol
33630
lol
omg omg
269040
omg
win win
168150
win

Comments

comments