Apa itu baper? Inilah Arti Pengertian Dan Sebab Terjadinya Baper !

3 min


10066
16.6k shares, 10066 points

Apa itu baper? Di zaman modern ini ,disertai perkembangan yang cukup pesat, anak-anak remaja atau ABG, perlahan-lahan mengalami sedikit kemajuan baik itu dari segi teknologi maupun dalam segi informasi.

Akibat dari perkembangan zaman ini pergaulan remaja pun terdapat banyak sekali istilah- istilah yang terbilang baru arti kata baper.

Sebenarnya kata baper sendiri digunakan boleh remaja-remaja akibat dari perasaan yang dialami contohnya galau atau gundah gulana saat dihadapkan dengan suatu masalah.

Tapi sebenarnya masalah yang dihadapi oleh kaum remaja tersebut tidaklah seberapa, tetapi mereka hanya secara ampihan atau mendramatisir sehingga hal itu membawa perasaan yang teramat dalam pada kehidupannya.

Apa Itu Baper?

Apa itu baper dan bagaimana cara mengatasinya
Image : pexels.com

Apakah itu baper sebenarnya baper itu adalah singkatan dari bawa perasaan, hal itu seperti yang sudah sebelumnya di atas tuh seorang remaja atau orang dewasa yang sedang mengalami masalah terlalu membawa atau memikirkan masalah tersebut secara berlebihan dan mendalam maka terjadilah perasaan baper.

Jika diperhatikan dengan baik baik juga dapat mengganggu sekali ke dalam keproduktifan kita dalam kehidupan sehari-hari.

Karena bagaimana tidak orang yang terkena baper ini hanya akan memikirkan sembuh secara berlarut-larut dibandingkan tugas atau pekerjaan yang dimilikinya akan terlalaikan oleh kelakuannya tersebut.

Jadi ada baiknya sih Jika kamu merasakan baper atau memiliki masalah langsung saja beribadah minta ampun kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dan melimpahkan semua keluh kesahmu kepadanya.

Akan tetapi jika kamu beribadah Jangan karena kamu sedang merasa baper saja ya!

Apa Itu Baper dan apa Arti Baper yang sebenarnya?

arti dari kata baper seperti yang sudah Jelaskan di awal paragraf yaitu bawa perasaan.

Yang di mana seseorang merasakan baper itu tersentuh hatinya dan selalu saja mengingat-ingat masalah yang sedang dihadapi secara berlebihan ampun masalah tersebut sebenarnya adalah hal yang kecil dan tidak penting.

Kata baper sendiri itu sudah menjadi tren dan viral di kalangan remaja dan para remaja ini kerap sekali saling ber cengkrama dengan jaringan sosial media.

Jadi tidaklah heran selalu saja anak istilah-istilah aneh yang mereka gunakan dalam bersosialisasi di media tersebut.

Akibat dari proses itu istilah yang digunakan dalam dunia nyata juga baik itu dalam perbincangan dengan teman sebaya ,orang tua, dan lain-lain pun berubah.

Pengertian apa itu baper Dan Penyebab Baper.

Kata baper sendiri suatu kata dari singkatan yang terdiri dari 2 kalimat (ba-per) ” bawa perasaan” nah jadi kata tersebut mengandung banyak sekali makna yang sangat berbeda-beda karena dirasakan oleh setiap manusia.

Seperti yang kita tahu setiap manusia itu memiliki masalah dan konflik yang berbeda-beda yang menjadikan perasaan baper yang muncul pun akan bervariasi, ada yang memiliki efek tingkat tinggi ,menengah ke bawah, rendah, tergantung dari perasaan yang dirasakan tersebut.

Apa Itu Baper Lalu Penyebab terjadinya baper itu apa?

yang menjadi penyebab terjadinya baper itu sebenarnya wajib kamu ketahui Karena untuk meminimalisir jadinya kejadian-kejadian atau kasus yang bisa dibilang kamu tidak menginginkannya.

Apabila kamu sudah mengetahui dengan pasti dan paham betul maka langkah yang akan kamu ambil berikutnya kamu harus bisa mencegah hal itu jangan sampai terlalu berlarut-larut.

Inilah penyebab terjadinya baper :

  • Terlalu menganggap serius atau suatu masalah yang sebetulnya sepele.
  • Sedang dalam keadaan Hati Yang Terluka.
  • Kamu sedang mengalami banyak sekali masalah.
  • Terlalu berlebihan dalam menanggapi suatu masalah yang sedang dihadapi, sehingga terlalu menggunakan perasaan yang mendalam.
  • Terlalu banyak menghayal padahal yang dikhayalkan itu tidak akan pernah terjadi.

Apa itu baper ? Efek Dari Baper Itu Apa?

Efek dari perasaan baper sendiri sebenarnya bisa menyebabkan seseorang jadi berubah dari baik jadi jahat.

Dimulai dari perasaan senang menjadi sedih.

Dan masih banyak lagi, bisa juga seperti yang mimin jabarkan di bawah ini :

  • Efek dari perasaan baper kamu jadi malas ngapa-ngapain.
  • Mood kamu jadi berkurang.
  • Kamu jadi mudah nangis.
  • Terlalu gampang kecewa.
  • Susah sekali merasakan kebahagiaan.
  • Nggak bisa merasakan syukur atau mensyukuri nikmat yang ada.
  • Sedikit-sedikit marah atau tempramen.
  • Sedikit-sedikit sakit hati jadi gampangan.
  • Selalu saja merasa kurang.

Cara Mengatasi Perasaan Baper

Untuk dapat mengatasi rasa baper ini bisa juga kamu lakukan untuk mengurai baper itu sendiri.

Hal ini karena jika perasaan baper yang begitu parah tidak segera diatasi kamu akan berlarut-larut dan arah hidupmu semakin tidak akan jelas.

Berikut ini cara arti rasa baper yang patut kamu coba :

  1. Cobalah curhat kepada temanmu Apa yang sedang kamu rasakan.
  2. Sibukkanlah dirimu dengan hal-hal yang memang bermanfaat seperti jalan-jalan, melakukan kegiatan organisasi, kerja kelompok, dan lain-lain yang bermanfaat.
  3. Lakukanlah jalan-jalan atau liburan ke tempat-tempat yang belum pernah kamu kunjungi karena hal ini dapat membuat hati dan pikiran yang kamu rasakan aka jadi tenang dan terbuka lebar sehingga kamu akan dapat melupakan segala macam masalah yang sedang kamu hadapi.
  4. Cobalah untuk berpikir secara realistis karena dalam kehidupan ini memang begitu adanya, Jika kamu dapat bertahan dalam segala hal akan menjadi pemenang dalam hidupmu.

Nah itulah yang bisa Mimin sampaikan mengenai apa itu baper dan segala hal yang berkaitan dengan baper tersebut Jadi kamu masih ingin baper?

Gak maukah kamu menikmatiin kehidupanmu yang benar-benar asik?

Cobalah kamu berbahagia dengan teman-temanmu, saudara keluarga dengan begitu perasaan baper yang berlebihan tidak akan menghampirimu lagi.

Sekian dan sampai jumpa di artikel berikutnya jangan lupa share kepada yang lain.


Like it? Share with your friends!

10066
16.6k shares, 10066 points

What's Your Reaction?

hate hate
33630
hate
confused confused
235410
confused
fail fail
134520
fail
fun fun
100890
fun
geeky geeky
67260
geeky
love love
302670
love
lol lol
336300
lol
omg omg
235410
omg
win win
134520
win

Comments

comments