Apa Itu Cinta ? Kupas Arti Cinta Menurut Islam ! | Zona Baper ID

Apa Itu Cinta ? Kupas Arti Cinta Menurut Islam !

3 min


10048
14.8k shares, 10048 points

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Apa itu Cinta ? disini cinta memiliki artian dalam islam yaitu Cinta adalah satu atau banyaknya perasaan yang telah Allah berikan setiap individu (manusia) terhadap manusia lain ataupun benda/binatang untuk dapat menyanyangi, dan mana bila di ibaratkan sepasang manusia dapat saling menyanyangi, mengasihi, saling memenuhi, dan saling memberi pengertian.

Hal ini juga berlaku pada binatang juga.

Dan yang sangat perlu kamu ketahui bahwa perasaan cinta itu tidak ada yang dipaksakan.

Rasa cinta ini haya dapat dirasakan oleh kedua insan berjalan dengan waktu dan apabila keduanya memiliki keiklasan dalam menerima kekurangan dan kelebihanya masing-masing.

Karena memang sejatinya manusia itu selalu menginginkan sesuatu yang lebih dalam segala hal bahkan dalam urusan cinta, perhatian dan hal lainya.

Arti Cinta Menurut Agama Islam :

Apa itu Cinta ?

Nah seperti yang sudah saya jelasin diatas bahwasanya cinta itu adalah sebuah perasaan yang diberikan oleh allah SWT.

Kepada semua insan untuk saling menyayangi, mengasihi, dan memenuhi kebutuhan masing-masing pasangan satu sama lain.

Rasa cinta itu murni, putih, tulus, dan suci,hal ini tentunya tanpa adanya paksaan dari pihak lain alias rasa cinta yang dibuat-buat.

Nah perlu kamu tau bahwa rasa Cinta dapat juga membuat seseorang berubah untuk jadi lebih baik dari sebelumnya.

Jika kamu benar-benar mencintai seseorang jangan pernah sekali-kali kamu menodai,menyakiti, ataupun merusaknya,

karena jika kamu sudah berani mencintai seseorang kamu harus berani membuang sifat burukmu, ke egoisanmu, kemunafikanmu,

yang menimbulkan perceraian antara pasanganmu dengan dirimu.

Apa Arti Cinta Yang Sebenarnya ?

Nah Arti Cinta Yang sebenarnya itu memang sangat sulit untuk di artikan dengan kata-kata akan tetapi kembali seperti yang sudah saya jelaskan di atas perasaan cinta itu dapat menghangatkan hati yang beku, dingin,

dan rasa cinta juga dapat menyembuhkan insan manusia yang sakit.

Perasaan cinta itu bukan soal kata yang biasa kita katakan (I Love U) atau (Aku Cinta Kamu)

melainkan cinta itu lebih cenderung kepada penghambaan kepada pasangan.

Pengertian Cinta Menurut Islam ?

Perasan cinta adalah mungkin lebih tepatnya perasaan positif yang kita miliki dan dirasakan/diberikan kepada manusia ataupun benda atau mahluk hidup lainya.

Cinta yang harus kita depankan adalah cinta kepada allah SWT dan Rasulullah nah setelah itu barulah kepada kedua orang tua kita lalu kepada pasangan kita.

Banyak orang yang mengartikan rasa cinta itu seperti apa?

Akan tetapi jikala kita melihat makna cinta itu lebih dalam maka arti cinta akan bermakna sangat mendalam dan luas,

hal itu dikarenakan objek dari cinta itu sangatlah banyak dan perbedaan emosi yang dimiliki masing-masing objek yang memiliki perasaan cinta ini sangatlah berbeda-beda.

Apa itu Cinta Sejati ?

Bicara mengenai cinta sejati sebetulnya rasa cinta tersebut muncul bila terdapat dua insan yang sudah melewati waktunya bersama-sama dalam suka maupun duka.

Cinta sejati ini tidak akan bisa diukur dengan kata-kata maupun ungkapan seseorang karena cinta sejati itu akan datang jikala diri kita sendirilah yang mensejatikan cinta itu.

Cinta sejati tidak bisa dikatakan sejati jika suatu pasangan menikah dan tidak bisa mempertahankanya (bercerai)

melainkan bisa dikatakan sejati jikalau suatu pasangan menikah didalam hubungan pernikahan itu mereka saling menjaga,

mempertahankan, saling memberi kasih sayang, dan pengertian hingga akhir hayat mereka.

Hadist Apa itu Cinta Menurut Islam ?

Rasa Cinta menjadi pokok dalam kehidupan dan didalam islam juga terdapat ayat dan surat dalam Al-Qur’an yang mengajarkan tentang cinta.

Didalam ayat tersebut berbunyi :

زُيِّنَ لِلنَّاسِ حُبُّ الشَّهَوَاتِ مِنَ النِّسَاءِ وَالْبَنِينَ وَالْقَنَاطِيرِ الْمُقَنْطَرَةِ مِنَ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَالْخَيْلِ الْمُسَوَّمَةِ وَالْأَنْعَامِ وَالْحَرْثِ ۗ ذَٰلِكَ مَتَاعُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ۖ وَاللَّهُ عِنْدَهُ حُسْنُ الْمَآبِ

Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan,

binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga). “Al Imran ayat 14”

لَنْ تَنَالُوا الْبِرَّ حَتَّىٰ تُنْفِقُوا مِمَّا تُحِبُّونَ ۚ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ شَيْءٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ

Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. “Al Imran ayat 92”

وَاعْلَمُوا أَنَّ فِيكُمْ رَسُولَ اللَّهِ ۚ لَوْ يُطِيعُكُمْ فِي كَثِيرٍ مِنَ الْأَمْرِ لَعَنِتُّمْ وَلَٰكِنَّ اللَّهَ حَبَّبَ إِلَيْكُمُ الْإِيمَانَ وَزَيَّنَهُ فِي قُلُوبِكُمْ وَكَرَّهَ إِلَيْكُمُ الْكُفْرَ وَالْفُسُوقَ وَالْعِصْيَانَ ۚ أُولَٰئِكَ هُمُ الرَّاشِدُونَ

Dan ketahuilah olehmu bahwa di kalanganmu ada Rasulullah. Kalau ia menuruti kemauanmu dalam beberapa urusan benar-benarlah kamu mendapat kesusahan, tetapi Allah menjadikan kamu “cinta” kepada keimanan dan menjadikan keimanan itu indah di dalam hatimu serta menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan, dan kedurhakaan.

Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus. “Al Hujurat ayat 7”

إِنَّ الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ سَيَجْعَلُ لَهُمُ الرَّحْمَٰنُ وُدًّا

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, kelak Allah Yang Maha Pemurah akan menanamkan dalam (hati) mereka rasa kasih sayang.“Maryam ayat 96”

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”. “Al Isra ayat 24”

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang.

Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.“Ar Rum ayat 21”.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا مَنْ يَرْتَدَّ مِنْكُمْ عَنْ دِينِهِ فَسَوْفَ يَأْتِي اللَّهُ بِقَوْمٍ يُحِبُّهُمْ وَيُحِبُّونَهُ أَذِلَّةٍ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ أَعِزَّةٍ عَلَى الْكَافِرِينَ يُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا يَخَافُونَ لَوْمَةَ لَائِمٍ ۚ ذَٰلِكَ فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَنْ يَشَاءُ ۚ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Hai orang-orang yang beriman, barangsiapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintai-Nya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang mukmin,

yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad dijalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela.

Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya), lagi Maha Mengetahui.“Al Maidah ayat 54”.

Nah itulah pengertian Apa Itu Cinta Menurut Agama Islam yang bisa mimin bagikan kepada anda semoga dapat memperdalam hubungan anda dan perasaan cinta anda kepada kekasih hati anda dan menjadikan keluarga anda menjadi keluarga shalehah dan istiqomah setelah mengetahui pengertian apa itu cinta dalam agama islam.

Sekian yang bisa mimin berikan kali ini mengenai Arti cinta, Apa itu cinta Sejati,Dan Pengertian lain mengenai Arti cinta menurut Agama Islam.

Mohon Maaf Apabila Ada Banyak Kesalahan Maupun penulisan Jika Berkenan Anda Bisa Memberikan Komentarnya melalui email Ke Admin@zonabaper.id

Trimakasih Dan Sampai Bertemu Lagi Dilain Kesempatan.

Waassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.


Like it? Share with your friends!

10048
14.8k shares, 10048 points

What's Your Reaction?

hate hate
168150
hate
confused confused
33630
confused
fail fail
269040
fail
fun fun
235410
fun
geeky geeky
201780
geeky
love love
100890
love
lol lol
134520
lol
omg omg
33630
omg
win win
269040
win

Comments

comments