Benarkah FaceApp Itu Berbahaya ? Ini Dia Bahasannya | Zona Baper ID

Benarkah FaceApp Itu Berbahaya ? Ini Dia Bahasannya

2 min


10051
15.1k shares, 10051 points

Halo sobat mimin, berjumpa kembali ya. Kali ini, mimin akan kembali membahas hal yang lagi viral nih. Mungkin banyak dari kalian yang sudah mengetahuinya. Ya, mimin akan membahas aplikasi yaeertng bikin tua wajah orang-orang, FaceApp. FaceApp ini sekarang lagi naik daun, berkat #AgeChallenge.

Banyak orang-orang yang sudah menggunakannya, dan meng-upload foto tuanya di medsosnya. Tanggapan orang-orang beragam ya, ada yang senang, dan ada juga yang tidak senang. Bahkan terdengar kabar, bahwa FaceApp dan sejenisnya itu haram. Wah-wah, bisa gitu ya.

Terdengar juga kabar bahwa FaceApp itu berbahaya dan dapat mencuri data privasi kita. Aplikasi FaceApp adalah aplikasi keluaran negara beruang putih, Rusia.

Aplikasi ini memberikan akses lisensi perusahaan untuk menggunakan foto dan informasi lain yang di unggah oleh pengguna, untuk tujuan komersial. Bahkan data akan terus tersimpan meski telah di hapus dari aplikasi. Perusahaan juga menyebut, data akan disimpan untuk mematuhi “kewajiban hukum tertentu”, tetapi tidak ada batasan berapa lama data dapat disimpan.

Semua data yang tertulis didalam FaceApp akan segera di transfer menuju negara asalnya, yakni Rusia. Sama halnya, seperti kejadian Facebook pada awal tahun 2018,  FaceApp rawan terjadi pembocoran data pengguna. Aplikasi ini mengumpulkan informasi berupa lokasi dan riwayat browser smartphone, baik Android atau iPhone

Baca juga : Berita mengagetkan, Nunung tersandung kasus narkoba

Informasi-informasi digunakan oleh pihak FaceApp untuk meningkatkan pelayanan. Meskipun FaceApp berkomitmen untuk tidak menjual data pribadi kita kepada pihak ketiga di luar FaceApp, tapi disana juga terdapat tulisan bahwa FaceApp membagikan informasi tersebut untuk “mitra iklan pihak ketiga”

Menanggapi isu yang beredar, pihak FaceApp pun memberikan klarifikasinya. Pihak FaceApp menjelaskan bahwa data pengguna tetap aman berada di server. Foto yang disimpan di server digunakan untuk membuat proses pengeditan lebih effisien bagi penggunanya, dan setelah dua hari gambar tersebut akan dihapus. Di tambah lagi, 99 persen pengguna memilih untuk tidak melakukan log in, sehingga aplikasi tidak memiliki banyak cara “mengintai” data informasi pengguna

***

Pihak FaceApp juga membantah menjual data tersebut kepada pihak ketiga dan data tersebut tidak di transfer ke Rusia.

Pakar Telematika Indonesia, Abimanyu Wahyu Hidayat, mengungkapkan, bahwa kita sudah selayaknya hati-hati dalam menggunakan aplikasi apapun.

Kita harus melihatnya sekarang seberapa jauh, parah suatu aplikasi apabila digunakan bagi publik, semua aplikasi kita harus wanti-wanti. Demikian dengan FaceApp dia apa dasarnya memberikan fasilitas ini, tentu mengharapkan akan di manfaatkan” ujarnya, sumber Youtube TalkShow TVONE, Minggu (21/2/2019).

Ia juga mengiyakan, bahwa pihak FaceApp tidak akan mengambil data pribadi pengguna.

Kita gunakan aplikasi ini kita tak perlu melakukan login berarti tidak ada registrasi nama, gender, password dan sebagainya, kita pakai download gak dicek apa-apa langsung bisa kita ungga saat itu juga” ujarnya, sumber yang sama

Berarti tidak ada data pribadi diupload ke server kemudian sekarang data file foto-foto kita di gallery itu tidak sama dia (FaceApp), kalau orang ‘nakut nakutin’ nanti di data gallery di tarik semua bisa kewalahan, sekarang kalau diambil semua pasti keliatan di traffic kita di android kelihatan traffic penggunaan untuk pengunggahan seberapa besar”, paparnya

Dari Tribunnews.com, di wartakan Kompas.com, Damar Juniarto, Executive Director Jaringan Penggerak Kebebasan Berekspresi online se-Asia Tenggara (SAFFEnet), memberikan beberapa tips untuk penggunan FaceApp.

1. Tetap waspada

Kuncinya kewaspadaan. Dibalik semua yang lagi trending, haruslah tetap buka mata kalau-kalau ada permintaan akses saat menginstall apps atau bermain game,” ungkap Damar

2. Jangan beri akses ke hal pribadi

Jangan berikan akses ke hal-hal yang sifatnya pribadi dan rahasia yang ada di smartphone kita”, katanya

3. Uninstall kalau sudah bosan

Kalau nantinya sudah bosan dengan apps tersebut, langsung saja di-uninstall,” ujarnya.


Like it? Share with your friends!

10051
15.1k shares, 10051 points

What's Your Reaction?

hate hate
201780
hate
confused confused
67260
confused
fail fail
302670
fail
fun fun
269040
fun
geeky geeky
235410
geeky
love love
134520
love
lol lol
168150
lol
omg omg
67260
omg
win win
302670
win

Comments

comments