Cara Berpenampilan Laki Dan Perempuan Sesuai Dengan Aturan Islam | Zona Baper ID

Cara Berpenampilan Laki Dan Perempuan Sesuai Dengan Aturan Islam

5 min


10064
16.4k shares, 10064 points

Halo sobat mimin, semoga sehat selalu ya. Kita tau bahwa agama islam adalah agama yang mengajarkan pada kita untuk men-tauhid kan Allah semata. Beribadah sesuai dengan tuntunan yang telah diajarkan oleh nabi Muhammad.

Ajaran islam, terbilang sempurna. Semua aspek kehidupan telah diatur sedemikian rupa oleh islam.

Mulai dari aspek yang besar hingga aspek yang kecil. Mulai dari urusan politik kenegaraan sampai dengan adab buang air kecil dan buang air besar

Anda, akan temukan semua aspek islam dalam aspek kehidupan, karena agama islam tersebut merujuk pada kehidupan untuk men-tauhidkan Allah.

Tidak terkecuali dalam adab berpenampilan. Berikut ini adalah cara berpenampilan laki dan perempuan sesuai dengan aturan Islam

Baca juga : Cerpen sepucuk surat dari mama

Cara Berpenampilan Laki-Laki

1. Rambut tidak Qaza

Yang dimaksud dengan qaza adalah menggunduli sebagian rambut kepala dan membiarkan sebagian yang lain.

Gaya rambut seperti ini, sama persis seperti model rambut mohawk. Sebagaimana yang diterangkan oleh Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin rahimahullah, qaza adalah menggundul sebagian rambut kepala dan membiarkan sebagian yang lain tumbuh.

Qaza memiliki beberapa model, yakni,

  • Mencukur habis secara berurutan, yaitu mencukur bagian samping kanan, lalu bagian samping kiri, bagian depan kepala dan tengkuknya
  • Mencukur habis bagian tengah dan membiarkan bagian sampingnya
  • Mencukur bagian sampingnya lalu membiarkan bagian tengah
  • Mencukur bagian depan dan membiarkan yang lain

Hukum qaza sendiri adalah makruh. Nabi Shallallahu alaihi wa sallam pernah melihat seseorang dalam keadaan rambutnya sebagian gundul, dan sebagian yang lainnya dibiarkan

Nabi lalu menyuruh orang tersebut atau bersabda “Cukurlah seluruhnya atau biarkanlah seluruhnya”

Hukum qaza sendiri dapat berubah menjadi haram apabila diniatkan untuk mengikuti gaya rambut orang kafir. Karena tasyabbuh (mengikuti gaya) orang kafir adalah haram.

Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda “Siapa yang menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk golongan mereka”

Dalil lain yang melarang model rambut qaza adalah tedapat dalam hadist

Dari Ibnu Umar,

IMAGE : RUMAYSHO

“Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melarang qaza ” (HR.Bukhari no 5921 dan Muslim no 2120)

Dari Ibnu Umar dalam riwayat Muslim mengatakan

IMAGE : RUMAYSHO

“Rasulullah shallallahhu alaihi wa sallam melarang qaza’.”Aku (Umar bin Nafi) berkata pada Nafi, Apa itu qaza? Nafi menjawab, “Qaza adalah menggundul sebagian kepala anak kecil dan meninggalkan sebagian yang lainnya (HR.Muslim no 2120)

2. Wajib menutup aurat

Dalam tafsir Surah Al-A’raf ayat 26, oleh Imam Ibnu Katsir Rahimahullah mengatakan “Allah telah memberikan kenikmatan kepada hamba-hamba Nya berupa pakaian dan raisy (pakaian indah).

Pakaian digunakan untuk menutup aurat, dimana hal ini merupakan perkara yang wajib, sedangkan raisy digunakan untuk perhiasan, dimana hal ini merupakan penyempurna dan tambahan.

Jumhur ulama mengatakan bahwa aurat laki-laki adalah dari lutut hingga pusar.

3. Mengenakan pakaian sederhana

Usahakan untuk memakai baju yang sederhana, jauh dari kesan kemewahan dan mahal.

Dengan melakukan hal tersebut, akan menjauhkan anda dari sifat sombong. Sebagaimana dalam hadist

“Barang siapa meninggalkan suatu pakaian dengan niat tawadhu karena Allah, sementara ia sanggup mengenakannya, maka Allah akan memanggilnya pada hari kiamat dihadapan seluruh makhluk, lantas ia diperintahkan untuk memilih perhiasan mana saja yang ingin ia pakai (HR.Ahmad, dan Tirmidzi, lihat Silsilatul Ahaadist ash-Shahihaah: 718)

4. Memulai dari sebelah kanan

Dari Aisyah radhiyallahu anha berkata “Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam suka mendahulukan bagian kanan daripada bagian yang kiri ketika mengenakan sandal, bersisir, bersuci, dan dalam semua urusannya (yang mulia) (Muttafaqun Alaihi)

5. Memakai pakaian putih

Nabi mengajarkan bahwa pakaian berwarna putih lebih baik daripada pakaian yang berwarna lain. Rasulullah bersabda:

” Pakailah pakaian berwarna putih, karena pakaian berwarna putih lebih suci dan lebih baik. Kafankanlah jenazah kalian dengan kain putih (HR.Ahmad, an-Nasaa’i)

6. Menghindari pakaian syuhrah

Pakaian syuhrah atau dalam kata lain adalah pakaian yang mencolok, sehingga menjadi pusat perhatian orang banyak.

Baik karena bahan pakaian tersebut sangat mewah, atau berbeda dengan kebanyakan orang.

Atau bisa juga dengan memakai pakaian yang compang camping.

7. Tidak Isbal

Isbal adalah pakaian atau kain yang dikenakan dan melebihi atau melewati mata kaki. Banyak hadist yang melarang untuk isbal, seperti hadist dibawah ini

Rasulullah bersabda ” kain sarung yang terjulur di bawah mata kaki maka tempatnya adalah neraka (HR.Bukhari no 5787)

Rasulullah bersabda, “Tiga macam orang yang pada hari kiamat nanti Allah tidak akan mengajak bicara, tidak melihat mereka, tidak menyucikan mereka, dan bagi mereka azab yang pedih,” kemudian beliau melanjutkan , “yaitu musbil (orang yang isbal), manaan (orang yang mengungkit-ungkit pemberiannya), dan orang yang melariskan barang dagangannya dengan sumpah palsu (HR.Abu Dawud)

Isbal, baik dilakukan dengan sombong atau tidak sombong, hukumnya tetap sama, yakni haram.

8. Tidak memakai emas dan pakaian sutra

Berbeda dengan kaum hawa, yang boleh mengenakan emas dan sutra, maka untuk kaum Adam, Allah telah haramkan.

Sebagaimana dalam hadist Rasulullah bersabda “Emas dan sutra dihalalkan bagi kaum wanita dari umatku, dan diharamkan bagi kaum laki-laki” (HR.Ahmad dan Nasaa’i).

9. Tidak menyerupai orang kafir dan wanita

Didalam ajaran islam, wajib bagi penganutnya untuk menyelisihi setiap urusan dari orang-orang selain islam

Baik itu dalam makanan yang haram, dan hingga sampai cara berpakaian. Tentu anda pernah mendengar atau hadist terkenal dibawah ini bukan

“Barang siapa yang menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk golongan mereka (HR.Abu Dawud).

Selain tidak boleh menyerupai pakaian orang kafir, laki-laki juga dilarang untuk memakai pakaian yang menyerupai pakaian wanita.

Rasulullah bersabda ” Allah melaknat laki-laki yang memakai pakaian wanita, dan wanita yang memakai pakaian laki-laki (HR.Abu Dawud dan Hakim)

Cara Berpenampilan Perempuan

1. Menutupi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan

Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa aurat wanita itu adalah seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.

Jadi, telapak kaki termasuk kedalam aurat wanita yang harus ditutupi.

2. Bukan pakaian untuk berhias

Bukan pakaian untuk berhias seperti yang banyak dihiasi dengan gambar bunga apalagi warna-warni, atau disertai dengan gambar makhluk bernyawa.

IMAGE : RUMAYSHO

“Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu ber-tabbaruj seperti orang-orang jahiliyah pertama “(QS. Al Ahzab : 33)

Apa itu tabbaruj ? tabbaruj adalah prilaku wanita yang menampakkan perhiasan dan kecantikannya serta segala sesuatu yang mestinya ditutup

3. Tidak tipis dan tidak tembuh pandang

Di anjurkan untuk kaum Hawa, untuk meninggalkan pakaian yang tipis dan tembus pandang. Dengan demikian, wanita akan lebih aman berjalan ketika sedang dilihat oleh laki-laki.

Rasulullah bersabda ” Dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat, yaitu : suatu kaum yang memiliki cambuk seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan para wanita berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta uang miring, wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan ini dan ini (HR.Muslim)

Baca juga : kunang-kunang dilangit jakarta 

4. Tidak memakai wangi-wangian

Dari hadist Nabi yang diriwayatkan oleh Abu Musa Al-Asy’ary berkata bahwa Rasul bersabda : ” Perempuan mana saja yang memakai wangian, lalu melewati kaum pria agar mereka mendapatkan baunya, maka ia adalah wanita pezina (HR.An Nasa’i)

5. Tidak menyerupai orang kafir dan laki-laki

Rasulullah bersabda :”Rasulullah melaknat kaum pria yang menyerupai kaum wanita dan kaum wanit yang menyerupai kaum pria (HR.Bukhari).

Wanita sekarang ini, sering kali menyerupai pakaian laki-laki. Hal yang paling sering kita dijumpai dimasyarakat adalah banyaknya wanita yang mengenakan celana yang notabene adalah untuk laki-laki

Tidak ada salahnya bukan, memakai rok yang berbahan tebal.

6. Bukan pakaian syuhroh

Sama halnya dengan laki-laki, wanita dilarang mengenakan baju yang dapat memancing perhatian orang banyak. Bentuk dari pakaian syuhrah sendiri adalah pakaian yang paling wah, atau pakaian yang paling kere.

Yah, itulah beberapa penjelasan mengenai cara berpenampilan yang sesuai dengan aturan islam, baik untuk laki-laki dan perempuan. Semoga bermanfaat ;D


Like it? Share with your friends!

10064
16.4k shares, 10064 points

What's Your Reaction?

hate hate
168150
hate
confused confused
33630
confused
fail fail
269040
fail
fun fun
235410
fun
geeky geeky
201780
geeky
love love
100890
love
lol lol
134520
lol
omg omg
33630
omg
win win
269040
win

Comments

comments