Cerpen : Perlombaan Cinta Part 3 | Zona Baper ID

Cerpen : Perlombaan Cinta Part 3

5 min


10032
13.2k shares, 10032 points

Azram, tidak akan pernah tau apa yang akan menimpanya nanti, setelah menanggung beban berat sebagai ketua tim analisis. Pekerjaan yang bisa dikata, lebih berat ketimbang pekerjaan Adi. Meskipun, berat tidaknya suatu pekerjaan tergantung pada penilaian masing-masing, atau relatif. Di serahi tugas yang berat begitu, membuat Azram mengganti pola pikirnya untuk terus maju dalam perusahaan Lautan IT. Ia juga memikirkan detail seluk beluk bagaimana hubungannya dengan Mia. Gadis yang dia idam-idamkan sebagai istri. Mia, adalah representatif sempurna pikiran liar seorang pria. Setidaknya itulah penggambaran penulis terhadap tokoh Mia.

Pada minggu pertama pekerjaan, Azram dan Adi aman-aman saja. Setiap laporan dokumentasi tiap minggu berhasil dibuat dan dijadikan acuan perusahaan. Menjadi ketua tim, seperti hal biasa bagi Azram. Sebenarnya ada banyak kata selain ketua, tapi aku rasa ketua lebih merakyat. Ya, kata ketua, ketua, ketua, lebih dipahami ya. Namun, musibah tidak ada yang tau kapan akan datang. Anggota tim Azram, perlahan-lahan mulai hilang. Ada yang mengalami sakit keras, ada yang tersandung kasus narkoba, pencurian, dan juga ada yang telah di panggil Tuhan. Tentunya yang dipanggil Tuhan, tidak menjawab tidak ya. Ini bukan film Bruce Almighty. Tuhan berpakaian putih, berkulit hitam, dan berjenggot, Morgan Freeman. Film yang sangat kontroversial. Memberikan kekuatan pada Bruce untuk mengatur dunia, maksudku mengatur kota, Buffalo, New York. Tapi Tuhan tau, ia sedang mengabulkan doa dari Azram.

Baca juga : Cerpen : Perlombaan cinta part 1

Apa yang ada dalam doa Azram. Setiap malam sebelum selimut dan bantal bergumul dengan tubuh, Azram selalu mengadakan tangan seraya memohon dengan nada sendu. “Jadikanlah aku pemimpin yang bijaksana, dan aku semakin dekat dengan Mia, dan teman baikku, Adi”. Ada sebuah pertanyaan klasik, terinspirasi dari film, yang katanya menceritakan kisah Nabi Nuh. Itu adalah spin-off Bruce Almighty, Evan Almighty. Spin-off yang bagi sebagian kritikus, adalah spin-off terjelek. Sebelumnya, mengenal sosok Jim Carey, pelawak legendaris Amerika-Kanada, tapi film ini, Evan, tidak, kurang bumbu-bumbu lawak didalamnya. Mungkin, mereka, pegiat film tersebut, harus belajar lagi tentang konsep lawak.

Baca cerpen menarik lainnya, di zonabaper.id

Tapi tunggu sebentar, yang aku bilang tentang pertanyaan klasik itu adalah, “Lets me ask you something. If someone prays for patience, you think God gives them patience ? or does give them opportunity to be patient? if he prayed for courage, does God give him courage, or does he give him opportunities to be courageous? if someone prayed for the family to be closer, do you think God zaps them with warm fuzzy fellings, or does he give them opportunities to love each other?

Hahaha, aku akan sangat terkejut bila banyak pembaca yang tidak paham. Tahun 2018, Indonesia menempati posisi 13 dari 21 negara Asia dengan indeks kecakapan bahasa Inggris sebesar 53,94. Intinya, Tuhan tidak akan langsung memberikan apa yang kau pinta, tapi Tuhan memberikan jalan untuk apa yang kau pinta. Ya, itu benar. Seperti engkau yang meminta mobil, tidak akan Tuhan jatuhkan langsung dari langit bukan?. Tuhan memberikanmu kesempatan, peluang untuk itu.

Aku setuju dengan ini, konsep cara kerja Tuhan kepada doa. Azram, mendapatkan kesempatan untuk doanya tersebut. Namun, Tuhan punya banyak cara untuk memberikan kesempatan pada hambanya. Ia berikan ujian, dengan hilangnya beberapa personil tim Azram. Tunggu sebentar ? Bagaimana dengan cerita Adi ?, Apa ini kisah satu orang ?. Jangan pernah bertanya sebelum kisah ini habis dibaca. Tim Azram yang tersisa, hanyalah tinggal dua orang saja. Dia dan sekretarisnya.

Dengan sangat terpaksa, Azram, dan sekretaris, melakukan ekspedisi pencarian karyawan pengganti. Karena pengetahuan Azram kepada etos kerja orang Singapur yang tinggi, dia pun melakukannya disana. Perjalanan dan proses pencarian berjalan sukses. Ekspedisi ini tidak seperti berjalan seperti Bossman. Hampir terbunuh oleh calon karyawannya sendiri. Aku tertawa terbahak-bahak menonton Diana menanggung sikap Boss Man. Azram melakukannya hanya dalam waktu 2 bulan.

Azram ahli dalam hal ini. Ia telah teruji untuk membaca sikap sikap calon pekerja. Itu adalah hasil belajarnya kepada ilmu prilaku organisasi. Suatu ilmu yang mempelajari prilaku karyawan dalam organisasi, baik itu individu, dalam kelompok, atau dalam sistem sehingga mendapatkan informasi untuk mencapai tujuan tertentu. Ilmu yang berkaitan banget sama manajemen. Dan, juga masuk dalam konsep pelajaran sistem informasi.

Baca cerpen menarik lainnya di zonabaper.id

Awal permasalahanpun mulai dapat diatasi. Tapi, saat tengah hari, jam istriahat kerja. Kepala Azram tiba-tiba sakit berdenyut tak berhenti. Hah…,rasanya seperti bola yoga, yang ditekan selalu membal. Ada yang berkata pada Azram, bisa jadi itu pertanda vertigo. Rasa sakit kepala, dimana penderita mengalami persepsi gerakan yang tidak semestinya. Sakit itu terus berlangsung hingga tiga hari. Imbasnya, pekerjaan terhambat, produktivitas menurun.

Rasa sakit semakin bertambah dengan kenyataan, bahwa Azram tidak sering lagi berjumpa dengan Mia. Hal yang sama, juga terjadi pada Adi. Ajaibnya, rasa sakit itu, tiba-tiba hilang saat hari keempat. Ada banyak faktor yang mungkin menyebabkan hal itu. Faktanya, Azram sekarang jarang tidur. Bahkan ia lebih gila dalam hal tidur ketimbang BJ Habibie yang tidurnya 4 jam. Iya tidur pada jam 10 malam dan terbangun pada jam 1 pagi. 3 Jam. Sisa harinya ia, habiskan dengan membaca dan bekerja.

Begitu seterusnya dalam seminggu. Azram, juga menjadi sosok yang religius. Ia tau, dibalik kekuasaan yang besar, terdapat tanggung jawab yang besar. Kata-kata yang mungkin akan mengingatkan anda pada paman Ben. Atau sebuah kata-kata yang tidak bisa dipahami Patrick pada episode Rule of Dumb. Tiap pagi jam 1, ia selalu sholat Tahajud. Hal ini menjadi kebiasaan,

Baca juga : Cerpen : Perlombaan cinta part 2

Adi, bahkan sempat terkejut saat dia menjumpai Azram yang sedang sholat Tahajud. “Sepertinya menjadi ketua, adalah hidayah bagimu, tapi maaf saja, tidak denganku, aku masih enjoy dengan diriku sekarang”. “Aku berharap sesuatu yang sama, terjadi padamu” ungkap Azram. Azram begitu konsisten dengan prilaku itu. Adi pun hanya bisa berdecak kagum, meskipun dalam hatinya, ia ingin hal yang sama. Sadar, bahwa ia kalah dengan Azram, ia pun memberikan lampu hijau untuk Azram biar lebih nempel dengan Mia.

Di sudut kantor, Adi berbicara empat mata pada Mia, mengenai perubahan Mia. Adi, adalah salah satu contoh laki-laki terbaik. Karena laki-laki terbaik hanya ingin wanita yang disukainya mendapat yang terbaik meski bukan dirinya. Sungguh, besar hati Adi, sahabat baik Azram. Mendengar perihal itu, Mia hanya tersenyum kecil. Ia tak menyangka, Azram bisa begitu alimnya.

Baca cerpen menarik lainnya di zonabaper.id

Kealiman” Azram, menular pada seluruh karyawan yang ada di kantor. Beberapa wanita yang awalnya tidak berjilbab, menjadi berjilbab. Laki-laki menjadi lebih rajin shalat dari sebelumnya. Mereka tersentuh dengan kisah yang dibilang Adi tentang Azram. Bahkan Adi juga menceritakan doa Azram untuk perusahaan. Meski samar-samar, doa itu berhasil menginspirasi kawan-kawan Azram di kantor. Melihat fenomena ini, Azram hanya bisa bersyukur pada Tuhan. Adi, menjadi rajin mengaji Al-Qur’an. Ia mengakui kemampuanya bacanya dibawah Azram. Terkadang ia tak sungkan untuk minta diajari Azram.

Saat matahari tak lagi menapakkan sinarnya, Adi dan Azram, ngaji bareng. Namun, itulah momen saat Adi tak bisa berkata-kata dan ikut tersentuh dengan kelembutan hati Azram. Menenandung surah Al-Mukminun, yang pertama, Azram tiba-tiba terbata-bata. Suara isak, dan air matanya jatuh membasahi lembaran suci. Adi, hanya diam, dan tak percaya, “sudah berapa jauhkah perubahan Azram ini ?”. Semenjak hari itu, Azram semakin gila dalam hal membaca, belajar ngaji, dan bekerja. Adi sempat memperingatkannya tentang jam istirahat. Kekhawatiran Adi semakin hari semakin jelas.

Baca juga : Siri is too important for Apple to ignore

Azram mulai suka berbicara sendiri didepan kaca. Bukan karena besok ada presentasi, tapi seperti berdakwah untuk audiennya dirinya seorang. Ia juga sering menjumpai Azram mulai suka lupa dengan apa yang mau dia kerjakan. Azram juga sering kelupaan jumlah rakaat sholat. Hinga pertanyaan besar dari Azram datang. Azram sering bertanya, sesuatu yang membingungkan. Jika dalam agama, ia sering bertanya tentang syubhat, sejarah, qias. Sebuah topik, yang Adi tidak begitu mengerti. Yang Adi tau, hanya shalat itu penting, bukan yang penting shalat. Hal-hal inilah menjadi alasan Adi untuk segera melapor pada atasan perusahaan.

Azram pun diliburkan sementara dari kantor, dan posisinya digantikan oleh wakilnya. Kegilaan Azram, semakin jelas saat pagi mulai menyingsing. Subuh, Azram, terlihat mondar mandir sambil memegang pisau tajam. “Yang membedakan antara orang kafir dan muslim, adalah shalat”. Perkataan mahsyur dari Umar Bin Khattab. Seseorang yang apabila disuatu lembah, maka lembah itu akan dijauhi setan. “Apa yang kau ucapkan, dan apa yang maksudmu membawa pisau ini?” ujar Adi, keheranan. “Aku akan membunuh siapapun yang tidak sholat, karena mereka kafir”. “Wow, wow, wow, bicara apa kau ini?”

***

Saat itu lewatnya, tetangga, yang muslim, tapi jarang sekali shalat. Sontak, Azram langsung melayangkan pisau kebadan tetangga itu. Tapi, berkat ilmu silat dan kecepatan yang dimiliki, Adi berhasil mencegahnya. Ia pun mengunci Azram agar tidak bergerak. Wargapun datang, karena Azram yang berteriak kencang tidak jelas. Berpikir cepat, Adi bersama wargapun menahan Azram dan membawanya ke rumah sakit bagian UGD. Entah, pikirannya kembali normal, atau tidak, Azram menjadi pendiam. Ia pun diwawancarai dokter dokter yang ada. Tapi, yang namanya pikiran kacau, jawabannya selalu ngaco. Hanya 5 menit ketenangan, Azram kembali mengamuk dengan menendang meja dan kursi yang ada. Saran dokter dia disuntik bius agar pingsan dan tenang. Efek bius pun berhasil.

Saat terbangun, Azram mendapati dirinya berada di kamar pengasingan, rumah sakit jiwa….

Ingin tau kelanjutannya ? nantikan kisahnya di zonabaper.id.


Like it? Share with your friends!

10032
13.2k shares, 10032 points

What's Your Reaction?

hate hate
33630
hate
confused confused
235410
confused
fail fail
134520
fail
fun fun
100890
fun
geeky geeky
67260
geeky
love love
302670
love
lol lol
336300
lol
omg omg
235410
omg
win win
134520
win

Comments

comments