Fakta-Fakta Ibu Ani Yudhoyono, Istri Presiden RI Ke-6 | Zona Baper ID

Fakta-Fakta Ibu Ani Yudhoyono, Istri Presiden RI Ke-6

4 min


10053
15.3k shares, 10053 points

Indonesia kembali kehilangan sosok terbaiknya. Istri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, Kristiani Herrawati atau akrab disapa dengan Ani Yudhoyono telah meninggal dunia. Beliau meninggal pada sabtu, 1 Juni 2019 di Singapura.  Beliau meninggal di rumah sakit National University Hospital.

Ibu Ani, menghembuskan napas terakhirnya pada pukul 11.50. Beliau meninggal dunia karena penyakit yang di deritanya, yakni kanker darah. Ibu Ani, telah lama dirawat disana sejak bulan Februari 2019. Beliau menjalani perawatan di rumah sakit selama 3 bulan.

Dalam masa perawatannya tersebut, ibu Ani selalu ditemani oleh sang suami, SBY, dan juga anak-anak serta menantunya. Ibu Ani sempat menjalani beberapa terapi, seperti kemoterapi. Pada awalmya, kondisi ibu Ani sempat membaik, namun kemudian memburuk hingga tak sadarkan diri. Hal itu terus berlangsung hingga hari kematiannya

Jenazah beliau dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, pada tanggal 2 Juni 2019. Proses pemakaman dilakukan secara militer. Dua anaknya, yakni Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono turut mengantarkan jenazah ibu Ani, menuju liang lahar.

Dari pemakamannya, tampak sejumlah tokoh masyarakat hadir didalamnya. Ada mantan presiden RI ke 3 dan presiden RI ke 5, Bapak Bj. Habibie dan Ibu Megawati Soekarno Putri. Sejumlah kader partai demokrat pun hadir disana. Prosesi pemakaman sendiri di pimpin oleh presiden RI saat ini, Joko Widodo

Tentu saja, berita ini mengejutkan bukan hanya bagi keluarga yang ditinggalkan, tapi juga bangsa Indonesia secara keseluruhan. Semasa hidupnya, beliau dikenal sebagai perempuan yang aktif dalam melindungi hak anak dan wanita. Beliau juga sempat mendapatkan penghargaan dari Unicef.

Baca juga : 22 tutorial hijab segi empat, modis dan modren terbaru

Ada banyak sekalif fakta-fakta unik dari sosok ibu Ani. Berikut adalah fakta-fakta unik beliau ;

1. Hobi fotografi

Sebagai ibu negara, ibu Ani memiliki hobi seperti anak-anak muda sekarang ini, yakni fotografi. Dalam setiap kesempatan, ibu Ani sering membawa kamera guna mengabadikan momen momen bersejarah. Menariknya, salah satu obyek favorit ibu Ani adalah suaminya, SBY.

Berikut adalah beberapa hasil jepretan ibu Ani, sudah seperti fotografer professional saja ya,..

2. Arti nama Kristiani Herrawati

Banyak yang mengira bahwa ibu Ani adalah seorang muallaf. Hal ini di sebabkan karena namanya Kristiani Herrawati. Namun, tanggapan ini seolah di tepis langsung oleh ibu Ani, melalui buku biografinya yang berjudul Kepak Sayap Putri Prajurit pada tahun 2010.

Ia menceritakan bahwa lahir ayahnya, Sarwo Edhie Wibowo memberi nama ‘Kristiani’ sebab terinpirasi dari karakter tokoh pewayangan Kresna yang berkarakter baik. Sedangkan nama Herawati, memiliki makna kekuatan dalam menyapu bersih segala masalah yang terjadi.

Baca juga : Sumanto gak lagi makan mayat!, bagaimana kehidupannya sekarang

3. Masa kecil ibu Ani

Semasa kecil, ibu Ani dikenal sebagai cewek yang tomboy. Ia suka sekali memanjat pohon cermai dan mangga. Semasa sekolah dulu, ibu Ani sering pergi ke sekolah menggunakan truk bersama teman-temannya.

4. Tidak selesai kuliah kedokteran

Alasan utama mengapa ibu Ani tidak menyelesaikan kuliah kedokterannya di Universitas Kristen Indonesia, karena ayahnya yang berpindah tugas ke Korea Selatan. Ia hanya sampai pada tahun ketiga di kedokteran. Maklum saja, ayahnya yang menjabat sebagai duta besar sering kali membuatnya berpindah-pindah tugas.

Tetapi ibu Ani bukan tanpa gelar. Ia memilih kuliah di Universitas Terbuka dan beralih menuju jurusan ilmu politik. Di sanalah ibu Ani mendapatkan gelar strata satunya.

5. Sempat jualan es mambo

Dalam pernikahannya dengan SBY, banyak cerita suka dan duka. Ibu Ani pernah merasakan yang namanya kekurangan.

Ketika itu, gaji SBY sebagai TNI, masih belum bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari. Tak mau hanya merepotkan suami, ibu Ani juga membantu menghidupkan perekonomian keluarga. Ibu Ani kemudian berjualan es mambo yang diambil dari jatah susu TNI yang diterima oleh suami setiap bulannya

6. Aktif berorganisasi

Semenjak SBY menjabat sebagai presiden pada tahun 2004, ibu Ani mulai menjadi Ibu Negara Republik Indonesia. Ibu Ani juga ikut andil dalam memegang tanggung jawab sebagai istri presiden RI

Hal itu tampak jelas padanya, dengan bukti mengikuti berbagai organisasi. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Umum DPP Partai Demokrat. Selain itu, ibu Ani juga ikut dalam organisasi lain, seperti Pelindung Utama kegiatan PKK, Pelindung Nasional Women International Club, Duta HIV/AIDS, ASI, PERSIT Candra Kirana, Dharma Wanita, dan masih banyak lagi.

7. Pasangan yang romantis

Bukan hanya saat muda, pasangan Ani dan SBY, dikenal sebagai pasangan yang romantis. Keduanya seperti prangko yang selalu nempel terus. Saat menjalani perawatan di Singapura, SBY dengan setia menunggu istrinya. Bahkan kata menantunya, Annisa Pohan, SBY rela tidur di lantai demi jaga ibu Ani

Berikut adalah beberapa potret kedekatan keduanya, selama di Singapura menjalani perawatan

Demikian lah fakta fakta mengenai ibu Ani yang telah kami rangkum untuk anda. Tentu saja masih banyak fakta-fakta lain dari ibu Ani yang masih banyak bisa dikupas. Semoga, keluarga yang di tinggalkan di berikan ketabahan dan kekuatan dalam menghadapi musibah yang ada.


Like it? Share with your friends!

10053
15.3k shares, 10053 points

What's Your Reaction?

hate hate
100890
hate
confused confused
302670
confused
fail fail
201780
fail
fun fun
168150
fun
geeky geeky
134520
geeky
love love
33631
love
lol lol
67261
lol
omg omg
302671
omg
win win
201780
win

Comments

comments