Hukum bahaya dan akibatnya pacaran menurut Islam | Zona Baper ID

Hukum bahaya dan akibatnya pacaran menurut Islam

4 min


10048
14.8k shares, 10048 points
dampak dan tujuan pacaran menurut islam
Image : pexels.com

Mungkin bukan hal-hal yang baru ketika kita melihat pasangan pasangan remaja putra dan putri di pinggir jalan, di kafe di restoran di jembatan ataupun dimana saja, jadi yang akan kita bahas adalah pacaran menurut islam.

Mereka asyik sekali mengumbar-ngumbar apa yang katanya disebut sebagai sesuatu yang mesra itu padahal pacaran menurut islam itu tidak boleh tapi.

Ditunjukkan nya oleh mereka betapa bahagianya diri mereka yang saling memiliki satu sama lain di balik semua hubungan yang katanya merupakan sesuatu yang disebut pacaran.

Bahkan tidak segan dari mereka yang berdua-duaan baik itu di tempat umum bahkan di tempat yang sepi dan jauh dari keramaian.

Padahal pacaran menurut islam itu sudah jelas tertulis dalam sabda Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam yang berisi :

“Tidak boleh antara laki-laki dan wanita berduaan kecuali disertai oleh muhrimnya. seorang wanita tidak boleh bepergian kecuali ditemani oleh muhrimnya”( H.R Muslim)

Akan tetapi bukan hanya remaja saja bahkan sampai orang dewasa juga banyak yang melakukannya.

Budaya pacaran itu merupakan budaya dari negara asing yang masuk ke Indonesia sebagai akibat dari globalisasi.

Karena masyarakat kurang menyaringnya akhirnya terjadi banyaklah yang ikut-ikutan terjerumus dalam budaya tersebut.

Padahal sudah seharusnya diketahui bahwa pacaran itu tidak lain merupakan perbuatan dosa yang ujungnya akan mendekati pada yang namanya perbuatan zina yang sudah pasti diketahui hal itu merupakan dosa yang besar.

Hukum pacaran menurut Islam

hukum pacaran menurut Islam sebenarnya tidak pernah membenarkan adanya hubungan pacaran di dalam agama Islam.

Justru Islam melarang ber pacaran di antara mereka yang bukan muhrimnya karena hal itu dapat menimbulkan berbagai jenis fitnah dan dosa.

Pacaran adalah haram menurut agama Islam Oleh sebab itu agama Islam mengatur hubungan antara laki-laki dengan perempuan yang dibagi menjadi dua hal yaitu:

1. Hubungan Muhrim

Yang dimaksud dengan hubungan muhrim adalah seperti hubungan antara ayah dengan anak perempuannya ,Kakak dengan adik perempuannya ataupun sebaliknya.

Muhrim di sini katakan boleh saja berduaan karena termasuk muhrim berarti sah-sah aja selama hal itu baik dan tidak melenceng.

Dalam Al Quran surat an-nisa ayat 23 telah disebutkan bahwa muhrim atau tidak boleh di nikahi yaitu seorang laki-laki yaitu ibu, nenek, perempuan yang masih saudara kandung maupun satu ayah, bibi, keponakan, anak perempuan, ibu kandung, saudara seper susuan, ibu mertua, dan menantu perempuan.

Yang termasuk dalam hubungan yang muhrim wanita boleh tidak memakai hijab tetapi tetap tidak boleh mempertontonkan auratnya.

2. Hubungan Non-muhrim

di sini daripada muhrim yang artinya anak laki-laki boleh untuk menikahi perempuan tersebut akan tetapi terdapat larangan untuk berdua-duaan, melihat secara langsung, ataupun bersentuhan dengan perempuan yang bukan muhrimnya.

Dan untuk anak perempuan tersebut diharuskan menggunakan jilbab dan menutup seluruh auratnya jika berada di sekitar laki-laki yang bukan muhrimnya tersebut.

Bahaya pacaran dalam agama Islam

Bahaya pacaran menurut islam disini Agama Islam melarang berpacaran bukan tanpa sebab, karena pacaran itu mendekatkan kita ke dalam perbuatan zina yang merupakan dosa besar.

Hari itu juga bisa menimbulkan berbagai macam marabahaya yang bukan hanya merugikan diri sendiri tetapi orang lain juga. Seperti berikut ini:

  1. Mendekatkan ke dalam hubungan atau perbuatan zina
  2. Menghilangkan konsentrasi
  3. Dapat menyebabkan banyak kerugian
  4. Dapat mengganggu dalam kehidupan bermasyarakat

Hal ini khusus bagi remaja maupun orang yang sudah dewasa dan terjerumus ke dalam budaya pacaran tersebut itu adalah bahaya yang semestinya mereka dan orang tua ketahui anggar meninggalkan kebiasaan perilaku tersebut.

Dan untuk mereka yang tidak melakukannya sebaiknya semakin berhati-hati agar tidak terjerumus dalam perbuatan :

1. Dengan mudahnya terjerumus kedalam perzinaan

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang artinya :

” Tercatat atas anak Adam nasibnya dari perzinaan dan dia pasti mengalaminya. Kedua Mata zinanya melihat, kedua telinga zinanya mendengar, lidah zinanya bicara, tangan zinanya memaksa ( memegang dengan keras ), kaki zinanya melangkah dan hati yang berhasrat dan berharap semua itu dibenarkan oleh kelamin atau digagalkannya” (H.R Bukhari)

2. Melemahkan Imam

karena sudah dari akarnya menyatakan bahwa pacaran itu dosa, setiap orang yang telah berbuat dosa, selalu ada iblis yang menemaninya.

Dihembuskan olehnya berbagai rayuan agar orang tersebut semakin terjerumus kedalam dosa.

Akhirnya banyaklah waktu yang dihabiskan oleh seseorang hanya untuk sang pacarnya Karena Cinta Setengah Mati katanya.

Sampai-sampai cintanya terhadap yang maha kuasa pun terabaikan karena setiap hari Iya hanya mengingat wajah kekasihnya dan jadilah orang yang sesat naudzubillahimindzalik.

3. Mengajarkan Kemunafikan

orang-orang yang melakukan aktivitas berpacaran sebenarnya itu mengajarkan dirinya untuk menjadi seseorang yang munafik.
Berbohong ini berbohong itu hanya untuk membuat sang pacar menjadi senang.

Bahkan berani mengumbar janji janji yang belum tentu bisa ditepati dan bahkan tidak jarang janji tersebut hanya bualan belaka.

Berusaha nunjukin Sisi terbaiknya Padahal di belakang saling mencela.

4. Dapat Mengurangi Produktivitas dan Minat Dalam Belajar

Siapa yang bilang pacaran itu bisa meningkatkan semangat belajar?

Cobalah kamu pikirkan kembali dengan matang apakah dasarnya tanggapan seperti itu.

Dengan kita berpacaran berarti kamu terus menumpuk dosa sepanjang waktu.

Karena justru sebaliknya kamu menghabiskan waktu yang seharusnya dimanfaatkan untuk belajar malah jadi dihabiskan untuk bersama-sama dengan pacar bersenang-senang.

5. Hidup Menjadi Boros

kamu sering kali memberikan ini itu kepada pacar kamu makan lebih sering daripada kamu memberikan sesuatu kepada orang tua sendiri atau bahkan kamu tidak pernah memberikan sesuatu kepada orang tua tetapi sering sekali memberikan sesuatu kepada pacar.

Padahal Apa sih yang diperoleh dari semua itu Apakah dengan memberikan sesuatu ,mentraktir ini itu kepada pacar kamu, maka artinya kita investasi di dalam masa depanmu?

Justru hanya sebaliknya pacaran itu hanyalah penyakit kantong kering alias bokek yang dapat membuat kepala kita jadi pusing merengek ah kepada orang tua untuk mendapatkan tambahan uang jajan berpura-pura unico ( nipu ).

6. Sebagai Pemicu Tindak Kriminal

Poin terakhir ini yang paling mengerikan ketika kita mendengar berita tentang yang mem_ bu _ nuh remaja lainnya alasan makasih.

Sangat luar biasa tindakan tersebut bahkan lebih rendah daripada hewan sekalipun.

Padahal sejatinya manusia sudah diberikan akal bukan? Apakah dengan menghilangkan nyawa dari orang lain tersebut akan berjodoh dengan pacar diperebutkan? Jawabannya tidak anda akan berjodoh dengan iblis dan Pastinya lah akan bersama-sama ditempatkan untuk menghuni neraka.

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam menyebutkan dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah Bin Mas’ud beliau memberikan saran seperti berikut ini :

” wahai generasi muda barang siapa diantara kalian telah mampu serta berkeinginan untuk menikah. Karena sesungguhnya pernikahan itu dapat menundukkan mata dan memelihara kema luan. Dan barangsiapa kalian belum mampu, maka hendaklah berpuasa karena puasa itu dapat menjadi penghalang untuk melawan Gejolak Nafsu.” (H.R Bukhari ,Muslim,Ibnu Majjah,dan Tirmidzi)

Untuk sekedar mengingatkan bahwa pacaran itu dosa.!!!

Nah itulah yang bisa Mimin sampaikan mengenai pacaran menurut Islam, hukumnya ,bahaya dan akibatnya. Semoga dapat mencerahkan dan memberikan ilmu yang bermanfaat untuk kamu dan sekian untuk hari ini sampai jumpa di lain kesempatan terima kasih.


Like it? Share with your friends!

10048
14.8k shares, 10048 points

What's Your Reaction?

hate hate
100890
hate
confused confused
302670
confused
fail fail
201780
fail
fun fun
168150
fun
geeky geeky
134520
geeky
love love
33630
love
lol lol
67260
lol
omg omg
302670
omg
win win
201780
win

Comments

comments