Masih Muda Lakukan 20 Hal Ini! Agar Masa Muda Mu Tidak Sia-Sia! | Zona Baper ID

Masih Muda Lakukan 20 Hal Ini! Agar Masa Muda Mu Tidak Sia-Sia!

8 min


10063
16.3k shares, 10063 points

Ketika masih muda sering sekali memikirkan masa muda, masa muda didefinisikan sebagai masa yang sangat penuh dengan kejutan dan dirasa banyak kesenangan yang di alami oleh kaum muda.

Banytak sekali yang bisa dilakukan selagi masih muda , hal ini bertujuan untuk memperkaya kualitas diri demi meraih kesuksesan di masa depan.

Ketika masih muda pula karaktermu mulai terbentuk sesuai pola hidupmu, nah jangan sampai kamu salah jalan karena sangat berakibat fatal yang permanen di masa depan.

Ketika masih muda sangat penting sekali memanfaatkan waktu untuk mengasah kualitas diri.

Jadi harus bagaimana? ya jangan sia-siakan masamudamu dengan hal-hal yang negatif .

Nah apa aja yang harus kamu lakukan saat masih muda untuk membangubn pribadi yang bagus untuk masadepanmu ? berikut mimin sajikan 20 hal yang patut kamu cermati !

Masih Muda Lakukan 20 Hal Ini! Agar Masa Muda Mu Tidak Sia-Sia!

1. Temukanlah Apa Yang Jadi Gayamu

mengenal jati diri sejatiSelagi masih muda jangan pernah berhenti tuk mencari gayamu sendiri.

Kamu juga bisa lebih nentuin karirmu dengan mengelola jalan hidupmu, memilih apa yang tepat untuk membangun karirmu kelak.

Ingat karirmu itu bukan berasal dari orang lain apalagi dari kata orang, tetapi kamu yang menentukan sendiri masadepanmu mau jadi apa.

Untuk itu temukanlah gayamu dengan mengikuti satu sampai dua kegiatan ekskul di sekolah ataupun kamu juga bisa meminta saran / konsultasi dengan guru pembimbingmu.

Jangan lupa dengan membuka diri dengan segala informasi baik itu dari media tertulis, audio, video , ataupun dari internet seperti google.

Rajinlah membaca untuk memperkaya ilmu .

karena setiap individu mempunyai gaya dan ciri khas masing-masing, sebaiknya segeralah temukan apa yang menjadi gayamu.
Agar kelak kamu tak menyesal! jangan sampai kamu salah arah karena ikut-ikutan gengsi.

2. Jadi Diri Sendiri Jangan Jadi Orang Lain

jadi diri sendiriSelagi Dalam pembentukan karakter yang berkembang dengan cepat saat masih muda. Kamu harus bisa menganalisa apa saja keunikan, kekurangan, dan kelebihan yang dimiliki olehmu.

Kamu Gak Akan bisa melakukan hal tersebut kalau kamu malah memaksa diri sendiri untuk jadi orang lain.

Coba kamu pikirkan dengan baik apa gunanya kalau kamu memaksa diri tuk jadi orang lain ? terkesan seperti memakai topeng yang gak bakal bisa membuat kita bangga.

Yang Ada nantinya kita gak bakal suka sama diri kita sendiri.

Sering-seringlah bersukur dengan keadaan kita. Nikmati apapun yang ada pada diri kita, kamu akan mendapatkan kenikmatan tersendiri dan membuat hidupmu jadi makin seru.

3. Bertemanlah dengan semua orang termasuk dengan orang yang gak keren

berteman dengan siapa sajaMasa muda adalah saat saat dimana kamu harus mencari teman sebanyak banyaknya jangan hanya cari orang keren , cool, populer ganteng, cantik, dll.

Ga perlu memaksakan diri sendiri hanya karena mereka bisa memberi mu materi tapi bertemanlah dengan siapa saja yang dapat memberimu hal positif.

Bertemanlah dengan mereka yang bisa membuatmu rajin belajar, yang bisa membuatmu menikmati arti dari menikmati hidup, mengajarimu untuk bisa menjadi lebih baik karena hal ini yang bisa membuat masa muda mu jadi lebih berharga.

Menjalin banyak hubungan pertemanan dapat memberi manfaat dimasa sekarang, dengan banyaknya temanmu bisa juga memungkinkan suatu saat hubungan pertemananmu bisa memberikan dampak positif dimasa depan.

4. Tingkatkan Rasa Ingin Tahumu

perkembangan alam pikiran manusiaKetika masih muda kamu pasti menemukan banyak hal yang membuat kamu merasa ingin tau.

Temukanlah hal-hal baru yang kamu belum tahu, kamu akan terkejut, terpana dan mungkin kamu akan banyak dikejutkan oleh hal yang tidak disangka sebelumnya.

Nah saat itu pula kamu akan bertanya-tanya bolehkah hal baru itu dilakukan atau tidak.

Karena rasa ingin tahumu yang sangat besar kamu pun akan semakin banyak mendapatkan ilmu dan kamupun akan mengetahui banyak hal tentang cara kerja dunia ini.

Dengan banyak bertanya pun bisa membuat kamu masuk dalam keseruan dalam berdiskusi.

5. Jangan Takut Salah

kesalahan yang samaMelakukan suatu kesalahan memang wajar kok dari suatu kesalahan itu kamu dapat banyak belajar dan bagaimana memperbaiki kesalahan yang pernah kamu lakukan agar kedepannya jadi lebih baik.

Dengan menyadari bahwa kamu berbuat kesalahan membuat kamu jadi bersikap dewasa.

Akan tetapi jangan pernah melakukan kesalahan tersebut berkali-kali karena seharusnya satukali aja sudah cukup bisa membuat kamu belajar bagaimana menjadi lebih baik untuk kedepanya.

6. Aktivitas Yang Banyak

contoh manajemen waktuJangan pernah takut sama yang namanya sibuk dan ga punya waktu untuk bersantai, banyak kegiatan di kampus maupun sekolah.

Dengan mencoba berbagai aktivitas di sekolah atau dikampus dapat melatih soft skill dan membangun jiwa kepemimpinanmu.

Dengan banyaknya kegiatan yang kamu ikuti tentunya kamu akan berinteraksi dengan lebih banyak orang, dapat menyelesaikan masalah dengan bermusyawarah, hingga kamupun bisa membuat keputusan yang kompeten.

Jangan takut merasa lelah karena rasa lelahmu akan setimpal kok dengan hasil yang kamu dapatkan kelak.

Selagi masih muda manfaatkan untuk berinteraksi dengan organisasi-organisasi yang ada di sekolah/kampusmu agar kamu dapat membangun kejiwaan/mental jadi lebih baik lagi.

7. Nomor 1 untukmu adalah kebahagiaan dan kepentinganmu

kebahagiaan hati dan kebahagiaan yang hakiki selagi masih mudaMembahagiakan orang lain , menyenangkanya memang perlu dilakukan tapi jangan sampai kamu lupa akan diri sedniri.

Walau bagaimanapun kebahagiaanmu tetap harus jadi nomor satu.

Dan jangan lupa pastikan kamu memberikan kebahagiaan tersebut kepada orang yang benar-benar menghargai hal itu.

Jangan sia-siakan waktumu terhadap orang-orang yang menganggap kamu itu tidak ada.

8. Jangan Pedulikan Dengan Perkataan Orang Lain

belajar tidak peduliTidak memperdulikan kata oranglain itu bukan berarti tidak mendengarkan ya .

Karena oranglain memiliki hak untuk berpendapat terhadapmu, jadikanlah perkataan orang untuk menjadi bahan pertimbanganmu untuk jadi lebih baik.

Perlu di ingat bahwa kamu adalah orang yang paling mengerti dengan dirimu sendiri, apa yang sebenarnya kamu inginkan, apa yang sebenarnya kamu butuhkan.

Yang terpenting adalah kamu jalani apa yang benar-benar kamu yakini, biarkan oranglain menilaimu sesukanya yang penting kamu tau kamu telah melakukan segalanya dengan semaximal mungkin.

Tetaplah jalani keyakinanmu dan kamu ga perlu repot-repot mengurusi apa yang oranglain bicarakan.

9. Belajar Bahasa Baru

ef exchange programSaat masih muda belajarlah sedikitnya dua atau tiga bahasa asing.

Bahasa asing saat ini bukan lagi sekedar hobi tapi sudah menjadi kewajibanmu karena dengan kamu dapat menguasai bahasa asing dapat membantu kamu dalam karir mu kelak.

Selain itu bahasa asing juga dapat membuat perubahan cara berpikirmu kelak.

Saat ini di indonesia kebanyakan masyarakat hanya menguasai bahasa ingris, nah kamu harus bisa menguasai bahasa lain selain bahasa ingris.

Dengan begitu kamu pun akan lebih banyak nilai dibandingkan anak-anak lain yang seumuran denganmu.

10. Timbun Keuanganmu

tips menabungJangan hanya perut aja yang di isi, tapi keuanganmu pun harus di isi, dengan banyak menabung sedikit demi sedikit kamu pun akan terbiasa dengan menabung.

Dengan banyak menabung sejak muda kamu akan membawa kebiasaan tersebut sampai tua, jangan mengeluh karena kamu sendiri yang akan merasakan hasil dari tabunganmu tersebut.

11. Jangan sampai Terjebak Sama Yang namanya Masalalu

Banyak yang menjadi alasan kenapa orang yang pernah hadir di masalalumu kini tidak hadir lagi menemanimu saat ini.

jadikanlah kegagalanmu dimasalalu sebagai pelajaran berharga buatmu dan jika kamu bisa bangkit dari hal tersebut, hal itu akan menjadi pintu dari kesuksesanmu dimasa depan.

Jadi biarkan masalalu mu itu mengalir berlalu , jadikan pelajaran untuk kita menjalani hidup dimasa ini dengan sebaik-baiknya.

12. Jalin Hubungan Dengan Orangtuamu Sebaik Mungkin

pengorbanan orang tua kepadamu selagi masih mudaPernah gak kamu merasa saat usiamu memasuki masa-masa remaja hubunganmu dengan orangtuamu menjadi renggang?

Alasanya karena ketika kamu masih muda seperti ini kamu lebih ingin menghabiskan banyak waktumu dengan teman-temanmu, dan juga ga jarang kamu kesal karena kena marah dan nasihat dari orangtuamu.

Sebenarnya orangtuamu memberi sikap seperti itu karena tidak mau anaknya terjerumus dalam suatu kesalahan dan ingin yang terbaik untuk anaknya.

Mungkin cara dari orangtuamu tidak selalu sesuai dengan harapan kita sebagai anaknya akan tetapi membuat renggang hubunganmu dengan orangtuamu juga gak akan menyelesaikan masalah.

Jadi mulai sekarang sebaiknya peliharalah hubungan baik dengan orangtuamu, relakan waktumu beberapa menit saja untuk bersama orangtuamu atau menanyakan kabar mereka atau juga dengan mengobrol denganya.

Hormati dan hargailah orangtuamu bersikaplah jujur dan santun serta jangan pernah berbohong kepada mereka.

13. Belajarlah Menggunakan Kendaraan

jenis jenis kendaraanBelajar berkendara memang tidak ada salahnya karena suatu saat dapat membantumu jika ada keadaan darurat misalnya orangtuamu jatuh sakit mendadak kamu bisa membawa orangtuamu kerumahsakit menggunakan mobil ataupun motor.

Mumpung masih muda belajarlah menggunakan kendaraan setiap ada waktu luang misalnya akhir pekan kamu bisa belajar motor/mpbil.

Tapi ingat kamu itu belajar berkendara hanya untuk meningkatkan mobilitas bukan buat gaya-gayaan keluyuran diluar batas.

14. Jangan Pikirkan Atau Cemas Akan Masadepan

masa muda planning masa depanMungkin saat ini kamu merasa bingung akan masadepan ingin jadi apa? ingin seperti apa?.

Ingat masa depanmu itu akan terkabul jika direncanakan dan dibarengi dengan kerja keras bukanya dikawatirkan.

Buatlah perencanaan (planning) untuk kedepanya apasaja yang ingin kamu capai, ingin kamu lakukan dan apa yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan haltersebut ( mewujudkan cita-cita) nah rencana itu akan jadi pedoman jalan hidupmu mulai dari sekarang sampai seterusnya.

15. Jangan Pernah Takut! Hadapi Ketakutanmu!

Jika kamu terus-terusan lari dari perasaan takutmu kamu ga bakalan bisa berkembang.
Sayanglah masamudamu malah keisi sama ketenangan khayalan yang sesaat.

Selain itu kamu harus menghadapi semua rasa takutmu yang bisajadi perasaan itu hanya sugesti semata yang sebenarnya tidak perlu kamu takutkan.

Bisa jadi sugesti itu disebabkan karena rasa takut akan gagal, sedih , sakit dimasa depan. jangan takut gagal kamu harus bisa-bisa maju jatuh ya bangun lagi.

16. Pacaran Yang Sewajarnya

Saat masih muda memang kurang klop rasanya kalau ngga pernah pacaran atau jatuh cinta, tapi ingat satuhal kamu masih muda, jalanmu masih panjang membentang, masih ada karir yang harus kamu perjuangkan.

nah bukan berarti kamu gao boleh pacaran tetapi hidup dan prioritasmu harus beriringan, jangan sampai kamu mencintai seseorang terlalu dalam hingga kamu merusak atau mengganggu masadepanmu.

Siapkanlah dirimu yang matang terlebih dahulu baru cinta yang berharga akan datang setelahnya.

17. Berbuat Gila

Gila Disini Bukan Berarti gila sungguhan tetapi berbuat hal extream yang belum pernah kamu alami, misalnya hiking ke gunung ,pergi ke daerah-daerah terpencil yang bisa membuat harimu menjadi lebih hidup.

hal ini bisa jadi cerita dimasa tuamu kelak . semakin kamu menginjak masa tua kamu akan mendapat semakin banyak tanggung jawab yang harus kamu hadapi.

Entah kamu bisa menggila lagi ketika kamu sudah tua nanti jadi jalani kegilaan mu saat masih muda, jadikan hal itu pengalaman dan cerita untuk masa depanmu yang berharga.

18. Berkelana Sebanyak Mungkin

Nah jika kamu rajin menabung kamu bisa manggunakan hasil tabunganmu itu untuk liburan dan pergi ketempat-tempat yang ingin kamu kunjungi.

Saat kamu sudah bekerja bahkan berumah tangga kamu akan sulit menemukan waktu luang untuk menikmati hal itu.

jadi jangan sia-siakan masa mudamu, manfaatkan baik-baik mulai dari sekarang.

19. Jangan Pernah membesarkan Rasa Malas!

Perasaan malas ga akan membuatmu maju dengan memelihara rasa malas kamu akan semakin tertinggal oleh teman temanmu.

Isilah masmudamu dengan kegiatan aktiv dapatkan pengalaman sebanyak mungkin jangan sampai kamu menyesal dikemudian hari.

20. Banyak-Banyak Bersukur

Saat kamu Masih Muda Banyak-banyak lah bersukur atas nikmat yang kamu miliki dan terima sehingga masamudamu akan berarti.
Karena pada masa tua kamu ga akan pernah sesegar dan seaktiv saat kamu masih muda.

Nah itulah yang bisa mimin sampaikan semoga dengan melakukan 20 hal ini saat masih muda bisa membuat kepribadianmu menjadi lebih baik, kokoh dan sukses dimasa depan.
Agar masamudamu ini tidak sia-sia, terimakasih sudah berkunjung , Stay terus Di Zona Baper ID ya .


Like it? Share with your friends!

10063
16.3k shares, 10063 points

What's Your Reaction?

hate hate
67260
hate
confused confused
269040
confused
fail fail
168150
fail
fun fun
134520
fun
geeky geeky
100890
geeky
love love
336300
love
lol lol
33630
lol
omg omg
269040
omg
win win
168150
win

Comments

comments