Ngaruh Gak Sih Pekerjaan Dengan Tempat Kuliah ? | Zona Baper ID

Ngaruh Gak Sih Pekerjaan Dengan Tempat Kuliah ?

3 min


10047
14.7k shares, 10047 points

Halo sobat mimin, semoga sehat selalu ya. Ketawa khas mimin dulu nih, awowowok. Sudah lama banget mimin tidak update ya. Sudah satu bulan lebih ya, sepertinya. Tapi, mimin tetep optimis nih, meskipun sudah jarang banget update, banyak dari kalian yang penasaran dengan konten selanjutnya. Gak penting juga sih, bercerita tentang ini, lagi pula kan, kalian pembaca setia. Jujur saja, pasti penasaran kan dengan cerita pendek : perlombaan cinta ?. Tenang saja, mimin sedang mikir mikir untuk endingnya tuh, di jamin, kalian bacanya pada wow gitu.  Untuk kali ini , mimin ingin bercerita tentang seberapa besar pengaruh tempat kita kuliah dengan pekerjaan yang akan kita tempati.

Banyak  yang berkata bahwa tempat kuliah akan mempengaruhi pekerjaan yang akan kita tempati. Tapi banyak juga yang berkata, bahwa tempat kita kuliah, tidak akan mempengaruhi pekerjaan. Orang-orang tipe kedua yakin banget, yang mempengaruhi di terima atau tidaknya kita di suatu pekerjaan, adalah kemampuan softskill yang dimiliki. Selain, tentunya kemampuan di bidang pekerjaan yang mumpuni. Komunikasi menjadi hal penting yang harus di kuasai. Bila kita mengabaikan aspek bahwa tidak ada pekerjaan yang mutlak di balik layar, maka komunikasi menjadi hal yang sangat penting. Tapi bila pekerjaan tersebut adalah pekerjaan di balik layar, yang tidak dituntut untuk terlalu banyak komunikasi, maka statement ini kurang tepat.

Lantas apa yang mempengaruhi seseorang dalam pekerjaan ?. Apakah tempat kuliah menjadi penilaian utama dari perusahaan ?. Dulu sempat heboh kasus fresh graduate dari UI  yang curhat Snap Instagram, yang isinya itu bermakna, “Kok saya hanya di gaji 8 juta, padahalkan, bla-bla-bla”. Banyak orang-orang biasa, artis, dan Youtuber, yang coba menyelidiki, apakah benar gaji anak UI itu besar.

Update pengetahuanmu tentang IT di Lautan-IT.com

Dari channel Youtube, Raditya Dika, mimin, jadi tau, bahwa memang, sebagian besar lulusan dari UI, bergaji 2 digit. Radit mengundang beberapa narasumber dari lulusan UI untuk di mintai keterangan tentang gaji. Jawabannya bikin ngiri sih, wajar, kalian mimin kuliah di luar negeri. Swasta maksudnya, tapi terkenal di kalangan swasta organisasi Muhammadiyah.

Kembali membahas seberapa besar pengaruh tempat kuliah dengan pekerjaan. Pertama-tama, seleksi untuk masuk perguruan tinggi negeri (PTN), lebih tinggi pada umumnya, bila di bandingkan dengan perguruan tinggi swasta (PTS). Bahkan persiapannya bisa dibilang, lebih penuh dengan harapanlah di bandingkan PTS. Calon mahasiswa, sudah jauh jauh hari, menata nilai rapor, rajin rajin berprestasi akademik, ikut bimbel untuk lolos di tes SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) dan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri).

Prestise tinggi di miliki oleh PTN. Ada pula sebuah pandangan bahwa lulusan PTN tidak akan sulit mendapat pekerjaan, karena perusahaan cenderung lebih menyukai kandidat lulusan perguruan tinggi negeri. Konon, lulusan PTN juga lebih mudah untuk menempati jajaran elit dalam jenjang karir. Pemikiran ini tidak hanya berlaku untuk perusahaan BUMN, namun juga di perusahaan swasta dan multinasional. Ada pula yang melihat dari tuntutan akademis dan jadwal kuliah PTN membentuk individu jauh lebih kompeten dibanding pesaingnya dari PTS.

Baca juga : Bintang Jepang yang paling banyak di cari

Ya, bisa di bilang bahwa, CV dengan nama PTN ternama, menjadi lampu hijau untuk panggilan wawancara. Bila kita yang kuliah di PTS sudah kalah duluan dengan nama, maka point kedua yang harus di miliki oleh golongan kita adalah pengalaman. Karena kenyataannya, jika kamu adalah lulusan dari universitas hebat tetapi tidak memiliki pengalaman kerja yang baik, maka itu akan mengurangi nilaimu di mata perusahaan.

Pengalaman adalah sesuatu yang didapat karena keingintau-an yang besar akan suatu hal. Berani mencoba adalah langkah awal yang harus diterapkan dalam hati kita apabila ingin mendapatkan hal yang baru. Tak jarang kan, banyak lowongan pekerjaan yang mensyaratkan calon karyawannya dengan aspek pengalaman. Lulusan manapun, jika hanya mengandalkan nilai tinggi, maka bersiaplah, kata kawan mimin yang di surabaya, Naaangiis.

Kerja

Update pengetahuanmu tentang IT di Lautan-IT.com

Perusahaan jaman sekarang juga lebih mementingkan kinerja seseorang dibanding nilai akademis. Kalau nasib kalian sama kaya mimin, kuliah di perguruan tinggi swasta, kalian pasti sering denger wejangan sama dosen atau alumni, betapa tidak pengaruhnya tempat kuliah dengan pekerjaan. Mimin rasa, itu cara mereka untuk tidak membuat kita berkecil hati. Tapi masa bodoh. Kenyataannya, apabila mereka yang kuliah di PTN punya pengalaman kerja dan nilai dan tampilan yang baik, maka kita yang PTS akan kalah. Namun, apabila, ada satu poin dari lulusan PTN yang kurang, dan di semua aspek kita berimbang dengannya, maka kita akan di pertimbangkan sebagai lulusan dari PTS. Perlu di ingat, tidak semua lulusan PTN itu bagus. Begitu juga dengan persaingan antara perguruan tinggi swasta yang punya nama, dengan yang, ya yang membuat kita bertanya-tanya “Dimana itu?”.

Pengamat pendidikan M.Abduhzen mengatakan

Sebetulnya perguruan tinggi swasta yang bagus itu tidak berpengaruh, tapi tergantung dari keaktifan dan kinerja yang dilakukan oleh masing-masing mahasiswa, karena perguruan tinggi berbeda dengan sekolah” ujarnya, dikutip dari Okezone.com

Apa yang dikatakan oleh Pak Abduhzen, sama intinya dengan wejangan yang diberikan oleh dosen dan alumni kampus saya, kampus swasta. Awalnya sih, saya tidak setuju, tapi sekarang, mimin setuju. Itu seperti ajaran rohani bagi mimin.

Ilmu, hari ini diterima, esok akan ditolak, sedangkan ajaran rohani (agama), hari ini di tolak, esok akan diterima.

Oke inti dari artikel ini adalah, nggak ngaruh tempat kuliah dengan pekerjaan.


Like it? Share with your friends!

10047
14.7k shares, 10047 points

What's Your Reaction?

hate hate
134520
hate
confused confused
336300
confused
fail fail
235410
fail
fun fun
201780
fun
geeky geeky
168150
geeky
love love
67260
love
lol lol
100890
lol
omg omg
336300
omg
win win
235410
win

Comments

comments