Renungan Jiwa Mengenai Hakikat Kehidupan Dunia | Zona Baper ID

Renungan Jiwa Mengenai Hakikat Kehidupan Dunia

2 min


10046
14.6k shares, 10046 points

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh                                                                            السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ
Pagi ini mimin akan membahas mengenai renungan jiwa untuk hakikat kehidupan dunia, fatamorgana kehidupan dunia yang menjadikan tujuan hidup manusia yang sebenarnya di dunia ini.

Hakikat kehidupan dunia yang menjadikan hakikat kehidupan di dunia menjadikan manusia ini memiliki hakikat hidup dan mati untuk mereka.

Sebenarnya Allah dan Rosul-Nya telah Mengingatkan Akan hakikat Kehidupan Dunia.

Dari Abu Sa’id al-Khudri Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , beliau bersabda Mengenai Hakikat Kehidupan Dunia :

إِنَّ الدُّنْيَا حُلْوَةٌ خَضِرَةٌ، وَإِنَّ اللَّهَ مُسْتَخْلِفُكُمْ فِيهَا، فَيَنْظُرُ كَيْفَ تَعْمَلُونَ، فَاتَّقُوا الدُّنْيَا، وَاتَّقُوا النِّسَاءَ ; فَإِنَّ أَوَّلَ فِتْنَةِ بْنِي إِسْرَائِيلَ كانت في النساء

“Sesungguhnya dunia ini manis dan indah. Dan sesungguhnya Allâh Azza wa Jalla menguasakan kepada kalian untuk mengelola apa yang ada di dalamnya, lalu Dia melihat bagaimana kalian berbuat. Oleh karena itu, berhati-hatilah terhadap dunia dan wanita, sungguh fitnah pertama kali terjadi pada Bani Israil adalah fitnah dari wanita.”

(HR. Muslim)

Perumpamaan Hakikat Kehidupan Dunia di Dalam Al Qur’an

1. QS. Al Kahfi ayat 45

وَاضْرِبْ لَهُم مَّثَلَ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا كَمَاءٍ أَنزَلْنَاهُ مِنَ السَّمَاءِ فَاخْتَلَطَ بِهِ نَبَاتُ الْأَرْضِ فَأَصْبَحَ هَشِيمًا تَذْرُوهُ الرِّيَاحُ ۗ وَكَانَ اللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ مُّقْتَدِرًا

Dan berilah perumpamaan kepada mereka (manusia), kehidupan dunia bagai air hujan yang Kami turunkan dari langit, maka menjadi subur karenanya tumbuh-tumbuhan di muka bumi, kemudian tumbuh-tumbuhan itu menjadi kering yang diterbangkan oleh angin. Dan Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

2. QS. Yunus ayat 24

إِنَّمَا مَثَلُ الْحَيَاةِ الدُّنْيَا كَمَاءٍ أَنزَلْنَاهُ مِنَ السَّمَاءِ فَاخْتَلَطَ بِهِ نَبَاتُ الْأَرْضِ مِمَّا يَأْكُلُ النَّاسُ وَالْأَنْعَامُ حَتَّىٰ إِذَا أَخَذَتِ الْأَرْضُ زُخْرُفَهَا وَازَّيَّنَتْ وَظَنَّ أَهْلُهَا أَنَّهُمْ قَادِرُونَ عَلَيْهَا أَتَاهَا أَمْرُنَا لَيْلًا أَوْ نَهَارًا فَجَعَلْنَاهَا حَصِيدًا كَأَن لَّمْ تَغْنَ بِالْأَمْسِ ۚ كَذَٰلِكَ نُفَصِّلُ الْآيَاتِ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَ

Sesungguhnya perumpamaan kehidupan duniawi itu, adalah seperti air (hujan) yang Kami turunkan dari langit, lalu tumbuhlah dengan suburnya tanam-tanaman bumi, di antaranya ada yang dimakan manusia dan binatang ternak.
Hingga apabila bumi itu telah sempurna keindahannya dan memakai (pula) perhiasannya, dan pemilik-permliknya mengira bahwa mereka pasti menguasasinya, tiba-tiba datanglah kepadanya azab Kami di waktu malam atau siang, lalu Kami jadikan (tanam-tanamannya) laksana tanam-tanaman yang sudah disabit, seakan-akan belum pernah tumbuh.
Demikianlah Kami menjelaskan tanda-tanda kekuasaan (Kami) kepada orang-orang berfikir.

3. QS. Al Hadid ayat 20

اعْلَمُوا أَنَّمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا لَعِبٌ وَلَهْوٌ وَزِينَةٌ وَتَفَاخُرٌ بَيْنَكُمْ وَتَكَاثُرٌ فِي الْأَمْوَالِ وَالْأَوْلَادِ ۖ كَمَثَلِ غَيْثٍ أَعْجَبَ الْكُفَّارَ نَبَاتُهُ ثُمَّ يَهِيجُ فَتَرَاهُ مُصْفَرًّا ثُمَّ يَكُونُ حُطَامًا ۖ وَفِي الْآخِرَةِ عَذَابٌ شَدِيدٌ وَمَغْفِرَةٌ مِّنَ اللَّهِ وَرِضْوَانٌ ۚ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُور

Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia ini hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-banggaan tentang banyaknya harta dan anak, seperti hujan yang tanam-tanamannya mengagumkan para petani; kemudian tanaman itu menjadi kering dan kamu lihat warnanya kuning kemudian menjadi hancur.
Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.

Perumpamaan Dari Hakikat Dunia di Dalam Hadis Tentang Hakikat Kehidupan Dunia

1. Hadis Abdullah bin Mas’ud Mengenai Hakikat Kehidupan Dunia

Dari sahabat abdullah ibnu mas’ud رضي الله عنه berkata, Rosulullah shallallahu’alaihi wa sallam tidur di atas tikar. Kemudian beliau bangun dan membekas di bagian sampingnya.

Kami berkata, ” ya Rosulallah bagaimana kalau kami buatkan bantal atau kasur buat anda?”
Beliau menjawab,

ما لي وللدنيا؟، ما أنا في الدنيا إلا كراكب استظل تحت شجرة، ثم راح وتركها

“Buat arti dunia ini bagi saya?! Tidaklah saya hidup di dunia melainkan seperti orang safar yang sedang istirahat di bawah bayangan pohon kemudian dia pergi meninggalkan pohon tersebut.”
(HR. Tirmidzi, beliau menilai hadis ini Hasan Shahih)

2. Hadis Ibnu Umar Mengenai Hakikat Kehidupan Dunia

Dari Ibnu Umar Radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata, ” Rosulullah shallallahu’alaihi wa sallam memegang pundakku seraya bersabda :

كُنْ في الدُّنْيا كأَنَّكَ غريبٌ، أَوْ عَابِرُ سبيلٍ.

Jadilah di dunia seperti orang asing atau orang yang sedang menyebrang jalan.

Ibnu Umar suatu hari pernah memberi petuah, yang sangat terkenal :

إِذَا أَمْسَيْتَ فَلا تَنْتَظِرِ الصَّباحَ، وإِذَا أَصْبَحْتَ فَلا تَنْتَظِرِ المَساءَ، وخُذْ مِنْ صِحَّتِكَ لمَرَضِكَ، ومِنْ حياتِك لِمَوتِكَ

“Jika kamu berada di sore hari jangan tunggu pagi hari, dan jika kamu berada di pagi hari jangan tunggu sore hari, gunakanlah kesehatanmu untuk (persiapan saat) sakitmu dan kehidupanmu untuk kematianmu.”
(Riwayat Bukhari).

Sungguh cepat kehidupan dunia hingga di ibaratkan seperti orang yang sedang menyebrangi jalan dan sangat berhati hati untuk tidak menerjang sesuatu yang membahayakan.

Baca Juga : 

Nah Itulah Renungan Jiwa Mengenai Kehidupan Dunia, semoga dengan adanya artikel ini kamu jadi makin dekat dengan yang diatas dan menjadikan kamu lebih memahami akan Hakikat Kehidupan Dunia Semoga Bermanfaat.


Like it? Share with your friends!

10046
14.6k shares, 10046 points

What's Your Reaction?

hate hate
134520
hate
confused confused
336300
confused
fail fail
235410
fail
fun fun
201780
fun
geeky geeky
168150
geeky
love love
67260
love
lol lol
100890
lol
omg omg
336300
omg
win win
235410
win

Comments

comments