Resep Steve Jobs Tentang Brand Apple | Zona Baper ID

Resep Steve Jobs Tentang Brand Apple

3 min


10036
13.6k shares, 10036 points

Halo sobat mimin, semoga sehat selalu ya. Setelah sebelumnya membahas adsense, kali ini kita akan bahas resep sukses untuk branding produk. Resep sukses yang mimin bagiin, bukan sembarang resep sukses lo. Resep sukses ini berasal dari pesaing beratnya Bill Gates, orang yang terkaya di dunia, untuk beberapa tahun. Bahkan bisa dibilang, produk buatan pesaing Bill Gates ini, lebih baik daripada buatan Bill Gates sendiri, yakni Windows. Dari sini, anda mungkin bisa mulai menebak siapa yang mimin maksud. Produknya terkenal dengan lambang apel yang di cokot :v, bahasanya mimin ya, entah kalau kalian. Lahir pada tanggal 24 Februari 1955, dan meninggal pada tanggal 5 Oktober 2011, beliau adalah Steven Paul “Steve” Jobs, atau Steve Jobs. Untuk info terakhir yang mimin dapatkan tentang status orang terkaya didunia, terakhir di pegang oleh Bernald Arnault, 19 Juli 2019, CNBC Indonesia.

Produk yang ia buat dan sampai sekarang sangat mendunia adalah Apple. Sistem yang lebih kuat akan serangan virus, dan susah untuk dibajak, dan lebih mahal (ya, kelebihan juganya sih ;v). Itulah info yang mimin dapatkan dari forum-forum komputer yang membahas perbandingan Apple atau Macintosh dengan Windows. Semua produk Apple, baik itu laptop atau smartphone, meski mahal, selalu banyak di buru oleh seluruh pengguna didunia. Katanya juga bisa ningkatin “nilai” kita di tengah masyarakat. Ibarat kata, hanya orang yang jual ginjal yang dapat iPhone 11. Perumpamaan yang berlebihan sih, tapi itu yang mimin dapat kalau lagi ngobrol IT tentang smartphone. Temen obrolan mimin sih, kebanyakan anak matematika menjurus ke IT. Persaingan antara Apple dengan brand yang lain, selalu menjadi bahan pembicaraan yang menarik.

Seperti produk smartphone yang pakai sistem Apple dengan yang pake sistem Android. Baca deh, artikel dibawah ini

Baca juga : Bedanya pemilik Android dengan pemilik iPhone

Update pengetahuanmu tentang IT di Lautan-IT.com

Cerdasnya produk Apple, seolah menggambarkan juga cerdasnya pembuatnya, Steve Jobs. Steve Jobs, adalah paket komplit dari seorang IT Engineer. Bisa desain, bisa koding, bisa perbaikin software, hardware, bisa bisnis, bisa dapetin istri cantik, lengkap dah. Apabila kita membahas sosok kehidupuan Steve Jobs, mungkin kalian akan bosan. Pertanyaan yang akan timbul adalah, “Siapa sih yang gak kenal Steve Jobs ?”. Kisahnya yang berawal dari mahasiswa putus sekolah, drop out, hingga menjadi multi-millionaire dalam waktu kurang dari satu dekade, lalu sempat dipecat dari perusahaan yang dia sendiri dirikan, membangun NeXT Inc, terlibat dalam Pixar, dan kembali lagi ke Apple, hingga memperkenalkan produknya yang sangat terkenal, iMac, iPod, iPhone, dan iPad, selalu menjadi motivasi tiap semester mahasiswa IT.

Steve, selalu menjadi Ibu bagi orang orang yang sedang bingung dalam bidangnya. Seperti saat Larry Page yang kembali menjadi CEO Google, meminta saran dari Steve. Dan saran dari Steve ini, menjadi pedoman bagi para desainer dunia, apa itu ?

Figure out what Google wants to be when it grows up, What are the five products you want to focus on

Semua kata-kata Steve, seolah menjadi cahaya bagi setiap bidang IT. Bahkan dalam bidang yang bukan IT sekalipun, seperti pemasaran. Steve ahli dalam menentukan nama dari sebuah produk yang akan ia buat. Salah satu slogan yang terkenal darinya adalah Think Different. Maknanya sungguh dalam dan menyimpan rahasia kuat mengapa brand Apple bisa begitu kuat. Dalam sebuah kesempatan, Steve menjelaskan bahwa marketing bukan hanya soal uang dan produk. Brand baik butuh investasi dan pemeliharaan, untuk menjaga relevansi dan kekuatannya. Cara melakukannya, bukanlah berbicara tentang kecepatan dan biaya, bukan pula tentang bit dan megahertz, atau mengapa Apple lebih baik daripada Windows, (bagian yang agak menggelitik sih).

Update pengetahuanmu tentang IT di Lautan-IT.com

Dia, Steve, lalu mencontohkan perusahaan Nike. Nike, sebuah perusahaan sepatu, yang sama sekali tidak membicarakan tentang produk mereka. “Mereka tidak pernah memberitahu kalian “air sole” lebih baik dari “Reebok air sole”. Yang dilakukan Nike adalah mereka menghormati atlet hebat dan mereka menghormati atletik. Dalam dunia periklanan, pertanyaan besar yang konsumen layangkan buat kita adalah “Siapa anda ?”, “Berdiri atas dasar apa?”, “Apa peran anda?”. Steve, menjelaskan bahwa ada nilai yang harus dipegang dalam pemasaran. Apple percaya bahwa orang-orang dengan passion bisa mengubah dunia lebih baik. Apa yang Apple lakukan dalam kampanye brand pertama mereka adalah sama dengan alasan mengapa Apple pertama kali didirikan. Nilai itulah yang tidak akan berubah untuk selamanya.

Nilai yang dimaksud Steve adalah menghormati orang-orang yang telah mengubah dunia. Steve sempat pula bercanda, bahwa sebagian yang tidak lagi hidup, bahwa jika mereka menggunakan komputer, itu pasti Mac ;D. Think Different, berarti menghormati orang-orang yang berpikir berbeda dan membuat dunia ini maju.

Baca juga : Daftar 20 handphone murah dengan spek tinggi

Di akhir-akhir hidup Steve, dia berjuang keras melawan kanker stadium akhir sebelum akhirnya meninggal. Kalian bisa baca tulisan menarik kak Aretta Aniendra, UI/UX desainer, di Medium.com. Disini, kalian akan melihat sosok Steve Jobs, bukan hanya sebagai ahli IT dunia, tapi sebagai visioner egois dengan pengikut loyal. Semoga kelak ada penerusmu, Steve sang visioner.


Like it? Share with your friends!

10036
13.6k shares, 10036 points

What's Your Reaction?

hate hate
134520
hate
confused confused
336300
confused
fail fail
235410
fail
fun fun
201780
fun
geeky geeky
168150
geeky
love love
67260
love
lol lol
100890
lol
omg omg
336300
omg
win win
235410
win

Comments

comments