Tips Ringan Hidup Hemat Ala Anak Kost Jogja | Zona Baper ID

Tips Ringan Hidup Hemat Ala Anak Kost Jogja

4 min


10043
14.3k shares, 10043 points

Hai sobat mimin, kembali lagi dengan mimin ya. Semoga kalian semua didalam lindunganNya, dan sehat selalu. Serta diberikan semangat yang pasti dalam menjalani kehidupan ini. Kali ini, mimin akan bagi-bagikan tips ringan unuk kamu yang anak kost agar hidup hemat.

Tips ini mimin dapatkan dari anak-anak kost kota pelajar, Jogjakarta. Ya, sepertinya kalau soal masalah hemat menghemat uang, mahasiswa Jogja ahlinya. Selain karena harga makanan dan minuman yang murah, suasana sederhana disana juga mendukung pola pikir mahasiswa agar hidup sederhana juga.

Tanpa bertele-tele lagi, ini dia tips ringan untuk hidup hemat ala anak kost Jogja.

1. Masak nasi sendiri, lauknya bisa beli

Inilah salah satu cara yang banyak dilakukan oleh anak-anak kost, bukan hanya anak kost di Jogja, tapi juga diluar Jogja. Dengan ini, pengeluaran tiap bulannya dapat di tekan semaksimal mungkin tanpa harus menyikssa badan.

Apalagi kalau di Jogja ya, harga makanan satu porsi bisa hanya Rp,8.000, dan itu lauknya sudah dapat ayam. Beda banget, sama kota-kota yang ada di daerah Sumatra, atau Kalimantan. Mana dapat harga segitu. Kamu bisa dapatkan harga segitu di warung ala kadarnya seperti burjo, warung makan biasa. Atau, kalau mau yang lebih murah, bisa makan di ankringan. Ya, perhatikan juga sih, karena angkringan, gak ada asupan sayurnya.

nasi

Informasi yang didapat dari Hipwee, mahasiswa YKPN Jogja, hanya menghabiskan Rp.252.000 perbulan. Itu artinya, dalam sehari rata-rata ia hanya menghabiskan Rp.8.400. Wow..bukan ??

2. Enggak pake Laundry Laundry an

Hal ini sebenarnya bisa kamu lakukan ketika kamu bukan termasuk orang yang sibuk banget di perkuliahan. Nah, apa jadinya bila kamu termasuk orang yang sibuk pake banget di perkuliahan ?

cuci

Jawabannya sederhana, atur semaksimal mungkin waktu yang anda punya. Sediakan satu hari, dimana kamu bisa mencuci, seperti hari minggu misalnya, atau hari libur kuliah. Lumayan kan ?, memang sih Laundry di Jogja bisa Rp.3.500 per Kg, tapi kan itung-itung olahraga, ehehe 😀

3. Manfaatkan Wifi gratis

Kalau sudah jadi mahasiswa, biasanya akan jadi lebih akrab dengan yang namanya Wifi. Semua tugas biasanya menggunakan internet, seperti kirim tugas lewat email, e-learning, e-forum, dan lain-lain. Nah, setiap kampus biasanya menyediakan akses internet untuk mahasiswanya di kampus.

uin

Kamu bisa manfaatin tuh. Ya sekalian bawa cemilan, jadi bisa nyantai sekalian di kampus gitu.

Baca juga : Tutorial cara memakai hijab pashmina terbaru

4. Nongkrong di kost

Tentunya ini lebih bersahabat bagi anak-anak kost ketimbang harus nongkrong di kafe atau mal. Hanya bermodal kopi sachet dan air panas, nongkrong bersama sahabat akan terasa menyenangkan dan nyaman.

kost

Kamu bisa nongkrong bersama sahabat dari pagi hingga malam, hingga pagi kembali. Coba, kalau nongkrong di kafe atau mal ? udahlah mahal, tambah gak bisa lama-lama lagi.

5. Dekat dengan pemilik kost

Ini bukan cara licik ya, selain juga menjaga tali silahturahmi, cara ini dapat menjadikan kamu banyak rezeki. Kebanyakan pemilik kost bersikap layaknya orang tua, apabila kamu pandai “mengambil hati”, bukan tidak mungkin makanan sering dianter ke kamar.

pemilik

Ya, apalagi kalau kita baik sama anak pemilik kost tersebut, udah dianggap sebagai keluarga kita. Ehehe, siapa taukan biaya kost di kurangin, ngarep banget dah :v.

6. Sepedaan ke kampus.

Bensin adalah kebutuhan yang wajib yang selalu kita perlukan tiap bulan. Belum lagi, kalau motor yang kita gunakan itu motor matic dan belum injection. Parah banget dah, habisnya tuh bensin. Nah, salah satu cara untuk mengurangi beban biaya dari bensin itu, adalah menggunakan sepeda.

sepeda

Seorang mahasiswa UIN, Siti, sehari-harinya naik sepeda ke kampus. Kadang ia juga naik ojek online atau Trans Jogja. Jadi hanya butuh Rp.50.000 per bulannya.

Baca juga : 50 Kata-kata pengunggah hati

7. Ngumpulin receh.

Ngumpulin receh, mungkin dibeberapa tempat sudah tak terpakai lagi ya. Contohnya di kampung mimin, di Riau, tepatnya di kabupaten Inhu. Receh itu sudah kaya tak terpakai lagi. Nah, ketika mimin di Jogja, ternyata membantu banget si receh ini.

receh

Kamu bisa ngumpulin receh dari hasil kembalian dan kumpulin di satu wadah. Suatu saat nanti, pastinya receh itu akan berguna banget.

8. Berhenti dan mencoba untuk tidak merokok

Merokok, bukan hanya dapat menyebabkan masalah kesehatan, tapi juga masalah keuangan. Coba bayangkan, harga satu bungkus sekarang ini..Ya, ambillah harganya Rp.15.000, kalau di Jogja bisa dua atau bahkan 3 kali makan.

rokok

Dengan berhenti dari merokok, kamu bukan hanya menjaga kesehatan raga, tapi juga kesehatan dompet. Betapa banyak orang yang di luar sana, yang menyesal karena rokok. Pertama, karena alami kanker paru-paru dan kanker tenggorokan (dan berbagai penyakit lainnya), serta kedua, seringlah alami bokek sebelum akhir bulan.

9. Kalau belanja, pilihlah merek yang bagus dan tahan lama

Cara ini diaplikasikan dengan baik oleh, Zaldi, mahasiwa UPN. Zaldi, memilih untuk membeli produk-produk yang memang sudah terkenal bagus dan tahan lama. Meskipun mahal, namun cara itu dipilih daripada harus jadi sering membeli produk yang sama karena bahan yang tidak tahan lama. Atau jadi sering mengeluarkan uang untuk memperbaiki produk tersebut.

belanja

Baca juga : Aplikasi-aplikasi pendamping untuk traveling

10. Pulkam sekali setahun, dan itupun pas lebaran

Cara ini terdengar menyedihkan ya. Memang sih, dengan cara ini, bakal jarang ketemu dengan keluarga. Namun, apapun itu, semua harus dilakukan untuk mengejar cita-cita. Seperti yang dialami mahasiswa UMY, Aldy. Ia hanya pulang kampung sekali setahun ke Sumbawa Besar.

pulkam

Ya, itulah beberapa tips sederhana yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan kamu. Diharapkan dengan adanya tips ini, dapat membantu kamu dalam pengelolaan keuangan. Ingat ya, hidup hemat, bukan berarti hidup kere ya. Hidup hemat adalah hidup efektif dan efisien. Mensyukuri nikmat Allah yang telah di berikan, tanpa melupakan hak untuk kesenangan.

Semoga bermanfaat 🙂


Like it? Share with your friends!

10043
14.3k shares, 10043 points

What's Your Reaction?

hate hate
33630
hate
confused confused
235410
confused
fail fail
134520
fail
fun fun
100890
fun
geeky geeky
67260
geeky
love love
302670
love
lol lol
336300
lol
omg omg
235410
omg
win win
134520
win

Comments

comments